Menu

Jangan Terlampau Percaya pada Ulasan-ulasan Produk di Amazon

Jangan Terlampau Percaya pada Ulasan-ulasan Produk di Amazon

Ulasan-ulasan produk Amazon pada umumnya sudah menjadi sumber data tentang produk-produk murah berkualitas, tetapi dua tahun belakangan ini tampaknya ulasan berinsentif semakin meningkat jumlahnya. Orang menerima suatu produk dengan harga diskon atau bahkan gratis dan sebagai imbalannya mereka harus menulis ulasan tentang produk yang bersangkutan.

Meski ulasan yang positif tidak dibayar, toh ini tetap jadi masalah.  

Review Meta adalah sebuah website yang sudah lama mencoba menganalisis ulasan-ulasan Amazon untuk mengetahui apakah ulasan-ulasan berinsentif semacam itu menjadi masalah. Menurut analisisnya, memberikan barang-barang gratisan memang menodai netralitas pengulas hingga cenderung menuliskan ulasan berbintang lima, yang dalam banyak kasus tak sesuai dengan kenyataanya.  

Penelusuran Review Meta ke wilayah remang-remang website-website ulasan berinsentif membuktikan mengapa ulasan-ulasan semacam itu bisa mendongkrak rating produk-produk ke wilayah bintang-lima, bahkan meskipun tidak ada bayaran langsung yang diberikan untuk ulasan-ulasan yang baik.  

Metodologi yang digunakan oleh Review Meta adalah mengecek setiap kalimat pada sebuah ulasan untuk melihat apakah mereka menggunakan kata-kata berikut ini atau yang semacamnya:  

gratis, diskon, promo, ulasan, masukan, pendapat, pertukaran, jual beli, meninggalkan, sebagai imbalan, menerima, membeli, menyediakan, jujur, tak bias… dan sejumlah kata lainnya.  

We group these words, assign different weights based on where in the sentence each one is, and combine some other factors such as sentence length to make a final determination.

Ini memang bukan metode yang sempurna, dan membuktikan adanya satu ulasan positif palsu  di antara dua ratus ulasan, menurut situs itu. Tetapi itu masih lebih baik, ketimbang Anda percaya mentah-mentah setiap ulasan.  

Meski Amazon dulu sudah mengakui masalah ulasan-ulasan berbayar, bahkan menuntut untuk menutup situs-situs yang menjual ulasan-ulasan bintang-lima, tampaknya perusahaan itu tidak menganggap ulasan berinsentif ini masalah. Syarat-syarat layanan Amazon memungkinkan adanya ulasan-ulasan berinsentif. Amazon sendiri mempertanyakn metodologi yang digunakan oleh Review Meta,  tetapi menanggapi risetnya itu dengan rencana untuk  “mengerjakan beberapa perubahan berarti yang akan segera diberlakukan”.•••

back to top