Menu

Modem Intel di iPhone 7 Menandai Ambisi Intel di Ranah Mobile

Modem Intel di iPhone 7 Menandai Ambisi Intel di Ranah Mobile

Juni lalu, eksekutif Intel mobile Navin Shenoy menyatakan bahwa meski membatalkan chip khusus-mobile SoFIA-nya, perusahaan ini belum berhenti bereksperimen dan mencari peluang-peluang untuk melakukan sesuatu yang berbeda. Dan itu sudah terbukti setidaknya dengan satu perkembangan baru ini. 

iPhone 7 baru saja diluncurkan, dan pakar-pakar di Chipworks membongkar sebuah iPhone model A1778 yang hanya beredar di AS, dan menemukan satu modem bikinan Intel, RF transceiver dan chip-chip pengelola daya di dalamnya. Hal ini membenarkan rumor yang beredar sebelumnya di Bloomberg yang menyebutkan bahwa Intel akan mengganti Qualcomm dalam beberapa versi iPhone (iFixit, di sisi lain, menemukan sebuah model Qualcomm pada iPhone 7 Plus yang dibongkarnya).  

Tampaknya modem akan menjadi sesuatu yang krusial; modem-mengatakan peristiwa modem 4G dan 5G akan menjadi semakin kompleks, dan semakin sedikit saja perusahaan di dunia yang bisa melakukannya. Dan kelihatannya membuat kesepakatan untuk membuat modem bagi Intel bisa menjadi satu langkah untuk menghidupkan lagi ambisi-ambisinya di ranah mobile. Perusahaan itu mengumumkan bahwa pihaknya sudh mendpat lisensi untuk memproduksi chip-chip ARM; jadi, jika ini berjalan dengan baik akhirnya Intel  akan bisa ikut mengisi ruang produsen prosesor yang saat ini didominasi oleh perusahaan-perusahaan seperti Qualcomm dan Samsung.

LG sudah bersiap mengembangkan sebuah “platform mobile kelas-dunia” dengan menggunakan teknologi 10nm dari Intel, sementara VR dan AI-processing bisa menjadi peluang-peluang tambahan. Sudah lebih dari satu dasawarsa sejak Apple beralih ke hardware Intel x86 untuk komputer-komputernya, dan kini ada setidaknya satu kemungkinan untuk melakukan kerjasama serupa untuk piranti-piranti mobile di masa yang akan datang.•••

back to top