Menu

Adblock Plus Gagalkan Upaya Facebook untuk Batasi Ulah Ad Blocker

Adblock Plus Gagalkan Upaya Facebook untuk Batasi Ulah Ad Blocker

Perang antara Facebook dan ad blockers, pemblokir iklan, memanas. Hanya dua hari setelah jejaring sosial itu mengumumkan rencananya untuk membatasi software  yang menghapus iklan-iklannya, utility  yang populer, Adblock Plus, sudah mengumumkan cara untuk mengatasinya.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengupdate filter-filter Adblock Plus agar bisa kembali mengusir iklan-iklan itu. 

Sebelumnya Facebook mengatakan bahwa pihaknya tidak membayar untuk bisa masuk ke daftar-putih perusahaan pemblokir iklan manapun; alih-alih, Facebook mengubah bagaimana iklan-iklan itu bisa diakui, dan juga memberi penggunanya lebih banyak kemampuan untuk mengatur jenis-jenis iklan apa saja yang boleh masuk. 

Perang antara komunitas pemblokir-iklan open source dan lawannya ini sudah berlangsung sejak pemblokir-iklan ditemukan; jadi, sangat mungkin Facebook akan membuat program yang akan melumpuhkan filter-filter semacam itu—kapanpun. Jika itu terjadi, komunitas pemblokir-iklan sangat mungkin akan menemukan jalan untuk melemahkannya, lalu Facebook akan menyunatnya lagi, dan begitu seterusnya. 

Adblock Plus mengatakan bahwa aplikasi ini belum  begitu teruji dan masih akan terus diperbaiki sesuai dengan masukan-masukan dari para penggunanya. Facebook menanggapi update ini dengan mengatakan bahwa pihaknya menyayangkan bahwa  upaya untuk memblokir iklan ini kerapkali justru juga memblokir post-post dari teman-teman pengguna dan dari berbagai laman, dan pihaknya berencana untuk mengatasi masalah ini. 

Wajar jika Facebook bersikap lebih keras terhadap para pemblokir iklan, karena bisnis ini sangat bergantung kepada penerimaan dari iklan. Tetapi respon cepat dari komunitas pemblokir iklan ini menunjukkan bahwa ini bukanlah perang yang akan segera dimenangkan oleh Facebook.•••

back to top