Menu

Memanjakan Video Live Stream, Facebook Bayari Banyak Perusahaan Media hingga Jutaan Dolar

Memanjakan Video Live Stream, Facebook Bayari Banyak Perusahaan Media hingga Jutaan Dolar

Awal tahun ini, Facebook menggarap total Live Video, menempatkannya di tempat terkemuka dalam aplikasinya dan mempromosikannya dengan gencar di web.

Kini tampaknya perusahaan itu bahkan melangkah lebih jauh lagi dengan membayar perusahaan-perusahaan media dan sejumlaha selebritas jutaan dollar untuk menciptakan konten live-streaming. Menurut sebuah dokumen yang diterima oleh Wall Street Journal, hampir 140 kontrak dengan total nilai lebih dari USD50 juta sudah diteken. 

Beberapa gerai media seperti CNN, New York Times, Vox Media, Tastemade, Mashable dan Huffington Post, serta selebritas-selebritas seperti Kevin Hart, Gordon Ramsay, Deepak Chopra dan Russell Wilson terlibat. BuzzFeed adalah penerbit dengan bayaran tertinggi dalam deretan itu, dan tampaknya akan mengeruk USD3,05 juta untuk konten Facebook Live-nya antara Maret 2016 dan Maret 2017, disusul New York Times yang diprediksi akan mengantongi USD3,03 juta untuk video-video live-nya. 

Seluruh fokus yang dicurahkan untuk Live Video ini memang berbuah manis. Video BuzzFeed sepanjang  45 menit tentang dua orang karyawan yang sedang membungkus sebuah semangka dengan pita karet hingga semangka itu meledak ditonton 10,8 juta kali lebih hingga hari ini. Tetapi itu bukan tandingan video Candace Payne yang sedang mencoba memakai topeng Chewbaca—video buruk itu sudah ditonton lebih dari 157 juta kali.•••

back to top