Menu

Setelah 21 Tahun, Apple Bakal Bunuh Situs Berita MacNN

Setelah 21 Tahun, Apple Bakal Bunuh Situs Berita MacNN

MacNN, sebuah website yang sudah 21 tahun didedikasikan bagi liputan segala hal tentang Apple, akan ditutup pada tanggal 1 Juli. 

Editor MacNN (Macintosh News Network) Charles Martin, menyampaikan berita ini dalam sebuah post di situs tersebut, dengan judul “End of the road for MacNN: 21 years of changes for Apple, and for us.”

“Mengagumkan bahwa kami bisa bertahan sejauh ini—hanya TidBITs dan Macworld saja yang lebih tua dan masih bertahan—tetapi kami sudah diperintahkan untuk berkemas”, tulis Martin. “Kami pernah bercanda bahwa jadinya Apple sebuah perusahaan mainstream raksasa adalah hal terburuk yang pernah terjadi pada kami, tetapi itu memang benar: tidak perlu ada situs berita khusus-Apple kalau semua berita tentang Apple ada  di mana-mana, di setiap situs, setiap saat”. 

Martin tidak menyebutkan dengan jelas alasan-alasan sesungguhnya di balik penutupan situs yang sudah dibuka sejak 1995 itu, saat baru ada satu platform pengembangan yang diliput— Mac OS. Tetapi tentu saja benar bahwa belakangan ini, dengan begitu besarnya Apple seperti sekarang, berita-berita tentang perusahaan itu beserta semua produknya bisa ditemukan di banyak situs berita Apple lainnya, juga di website-website berita teknologi yang lebih umum dan gerai-gerai berita tradisional. Kadang tak mudah untuk bertahan.

MacNN (milik MNM Media LLC) yang berbasis di San Francisco mulai tayang di akhir 1995 dan hingga kini masih memiliki forum-forum yang hidup dan dinamis. 

“Kami masih akan tayang hingga akhir bulan ini, dan kami harap Anda semua masih ada di sini hingga saat itu tiba—kami berencana melanjutkan peliputan kami atas berita-berita utama Apple, meski kami akan mengurangi kolom-kolom kami dan yang lainnya”, tulis Martin, mantan pegawai Apple yang sudah menjadi editor di situs itu sejak 2010.•••

back to top