Menu

Public: Aplikasi yang Buka Percakapan Grup Anda ke Audiens

Public: Aplikasi yang Buka Percakapan Grup Anda ke Audiens

Beberapa bulan yang lalu, mantan eksekutif Twitter Michael Sippey mengumumkan Talk Show, sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda menyebarluaskan percakapan-percakapan teks Anda ke public.

Kini ada lagi aplikasi lain yang melakukan hal serupa, namanya Public, dan penciptanya adalah Avner Ronen, yang barangkali lebih dikenal sebagai pendiri Boxee, sebuah streaming set top box yang juga adalah sebuah platform TV jaringan (akhirnya Boxee dijual kepada Samsung beberapa  tahun yang lalu). Seperti tampak dalam namanya, semua percakapan di Public, ya publik, alias terbuka untuk umum. Seperti sebuah kelompok diskusi yang bisa ditonton. 

Tetapi ada sejumlah perbedaan antara Public dan Talk Show. Untuk satu hal, Public meletakkan percakapan-percakapan di depan dan tengah segera setelah Anda meluncurkan aplikasi itu; Anda akan melihat percakapan-percakapan terbaru pada grup-grup yang Anda ikuti langsung di laman beranda. Di sisi lain, Talk Show hanya menampilkan daftar topik percakapan dan pesertanya, dan Anda harus mengetuk sana-sini untuk membaca diskusi-diskusi yang Anda minati. Ini memang membuat laman Public tampak agak berantakan, tetapi lebih mudah untuk mengikuti beberapa percakapan sekalipgus. Seperti Talk Show, Public juga memiliki daftar percakapan Featured pilihan juga. 

Yang juga menarik dari Public adalah bahwa penonton bisa ikut bicara melalui komentar-komentar di batang sisi. Ini jelas lebih moderat ketimbang Twitter, di mana orang asing bisa ikut campur sesuka mereka, tetapi juga lebih fleksibel ketimbang Talk Show, di mana penonton sangat terbatas untuk bisa ikut merespon diskusi. Tentu saja siapapun bisa meminta untuk dimasukkan ke dalam grup yang bersangkutan. Yang juga menarik tentang Public in adalah bahwa Anda bisa berpartisipasi dan mengikuti percakapan-percakapan di web dan di aplikasi mobile. Yang jelas, lebih mudah dan lebih rapi jika Anda mengetik di laptop.  Tertarik untuk mencoba?  Aplikasi ini sudah tersedia di App Store, maupun di internet.•••

back to top