Menu

Fitur Local Market: Penguji Pasar Facebook

Fitur Local Market: Penguji Pasar Facebook

Facebook terkenal gemar menguji fitur-fitur dan layanan-layanan yang tak punya masa depan.

Belum lama ini ada pengguna Facebook iPhone  yang mengaku melihat sebuah fitur baru yang disebut "Local Market" yang, dalam beberapa hal, muncul sekilas di tempat tombol Messenger yang biasanya. Beberapa screenshot sudah beredar di internet, dan meski fungsionalitasnya terbatas, fitur ini menunjukkan sebuah pasar yang terbagi-bagi berdasarkan sejumlah kategori.  

Local Market tampaknya muncul sebagai bagian dari daerah pengguna, seperti “CITY Local Market”. Ada yang melaporkan adanya opsi-opsi Buy and Sell di dalam pasar ini, juga opsi-opsi penyaringan untuk mempersempit cakupan pilihan item berdasarkan pengelompokan “collections”. Koleksi-koleksi ini adalah hal-hal atau barang-barang seperti barang-barang gratisan, pakaian untuk pria, dan semacam itu. Seperti tampak di bawah ini, ada juga kategori-kategori sederhana yang mencakup banyak topik.  

Selain itu, ada pengguna yang melaporkan melihat pilihan-pilihan posting Local Market ketika mereka membuat sebuah post di dalam sebuah grup penjualan berbasis lokasi yang ada. Kalau mau, post-post itu bisa di cross-postkan dengan Local Market sebagai cara untuk “menjangkau sebanyak mungkin orang di sekitar Anda”, karena “jika Anda memposting di Local Market, orang yang tinggal di sekitar Anda akan melihat item Anda di Local Market di bawah kategori “Favourites”.”

Masih menurut laporan tersebut, Local Market, sayangnya, rusak: ia, misalnya, terus-terusan memuat konten tanpa henti dan tidak memungkinkan penggunanya untuk mengakses sebagian besar area. Sebagian pengguna hanya melihat pasar itu sekilas sebelum langsung lenyap, sedangkan yang lain justru terlalu lama mengakses. Sepertinya Local Market akan dihadirkan dalam bentuk satu tab, tetapi, seperti sudah disebutkan di atas, beberapa pengguna melihatnya di tempat Messenger biasanya berada. Sejauh ini, pengujian itu hanya akan dilakukan di Sydney, Melbourne, dan Auckland.•••

back to top