Menu

Stasiun Berita Ganti Kamera TV Tradisional dengan iPhone dan Tongsis?

Stasiun Berita Ganti Kamera TV Tradisional dengan iPhone dan Tongsis?

Dalam sebuah laporan yang menyoroti kualitas kamera yang semakin baik pada iPhone-iPhone produksi Apple, sebuah stasiun TV di Swiss belum lama ini memutuskan untuk meninggalkan kamera-kamera TV tradisional dan menggantinya dengan iPhone. 

Pertama kali ditengarai oleh PetaPixel, stasiun TV Leman Bleu pada akhir musim panas lalu memberi setiap reporternya sebuah iPhone 6 lengkap dengan sebuah tongsis untuk digunakan dalam siaran ulangan maupun siaran-siaran langsung.  

Direktur stasiun TV tersebut, Laurent Keller, dilaporkan menjelaskan  bahwa iPhone tidak hanya lebih mudah dibawa-bawa, tetapi juga membantu menghemat biaya. Selain itu, dengan sebuah iPhone di tangan, para reporter akan lebih bebas bergerak dan diharapkan memiliki kemampuan untuk melakukan siaran langsung kapan saja dan di mana saja, tanpa harus kerepotan membawa perlengkapan kamera yang berat, dan tanpa perlu terlalu khawatir akan kualitas gambar yang dihasilkan, karena, seperti dilaporkan NewsLab, ‘video iPhone ini berbeda tetapi tidak lantas berada di bawah kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera TV’. 

Uniknya, sebuah stasiun TV di Charlotte, North Carolina, pernah melakukan percobaan yang sama tahun lalu, tetapi kembali menggunakan perlengkapan kamera TV standar setelah penontonnya menengarai adanya penurunan drastis pada kualitas gambar.  

Tetapi, dengan kamera-kamera iPhone baru yang kini mampu mengambil gambar dengan kualitas 4K, kita lihat apakah beralih ke iPhone akan terus dipertahankan oleh stasiun TV Swiss itu.•••

back to top