Menu

Via Stasiun Kereta, Google Segera Hubungkan Semua Orang India dengan Internet

Via Stasiun Kereta, Google Segera Hubungkan Semua Orang India dengan Internet

Google selalu memiliki ide-ide yang sangat ambisius dan kadang bahkan sulit dipercaya untuk membawa internet, dengan kecepatan rendah maupun tinggi, ke tangan lebih banyak orang.

Dimulai dari memasang  jalur-jalur kabel fiber di kota-kota AS, hingga menerbangkan balon-balon di tempat-tempat yang jauh di berbagai belahan bumi. Kini raksasa itu membawa visi dan ambisinya ke India, kampung halaman CEO Google yang baru, Sundar Pichai, tapi kali ini dengan niat menggunakan stasiun-stasiun kereta api di seluruh India sebagai sarang-sarang akses internet berkecepatan tinggi yang akan menghubungkan 10 juta lebih banyak orang di India.  

Memperluas jangkauan internet melalui jalur-jalur kereta api bukan barang baru di India. Sebelumnya RailTel sudah menggenggam pasar itu. Karena itulah Google akan bekerjasama dengan ISP dan India Railways, yang mengoperasikan sebuah jaringan jalan kereta api yang diduga terbesar di muka bumi.  

Tujuan akhir rencana Google ini adalah menyediakan akses Wi-Fi  publik berkecepatan tinggi di total 400 stasiun di seluruh negeri itu, meski Google memulainya hanya dengan target 100 stasiun sebelum akhir tahun ini. Pertama-tama, aksesnya akan dibuat gratis bagi mereka yang ingin menikmati hiburan online atau membaca berita selagi menunggu kereta tiba, tetapi selanjutnya Google berencana membuat layanan ini menjadi layanan berbayar.  

Sudah ada 100 juta pengguna internet di India, dan menambah jumlah itu menjadi lebih besar lagi jelas menjadi target esensial dari bisnis Google. Karenanya Google sangat berkepentingan mendongkrak dukungan dan infrastruktur internet negara itu, dan kini raksasa itu sudah mulai melakukannya.•••

 

back to top