Menu

Paten Microsoft Baru Mungkinkan Kinect Ciptakan Model 3D Fisik Wajah Anda

Paten Microsoft Baru Mungkinkan Kinect Ciptakan Model 3D Fisik Wajah Anda

Permohonan paten Microsoft dikabulkan untuk sebuah teknologi yang mengubah data scan 3D yg dikumpulkan oleh sensor gaming Kinect menjadi sebuah replika fisik nyata dari objek yang discan. 

Kinect sudah lama populer sb sebuah antar-muka gaming. Dengan akurasi tinggi, Kinect memindai gerakan-gerakan tubuh pemain dan menerjemahkannya menjadi gerakan-gerakan karakter di dalam game. Kinect bahkan sudah digunakan pada aplikasi-aplikasi pengobatan jarak jauh untuk memindai gerakan-gerakan tubuh pasien yang sedang melakukan terapi di rumah. 

Dengan invensi ini, dua Kinect memindai dimensi-dimensi sebuah objek, kemudian mengirimkan data dimensional tersebut ke piranti lain yang mennciptakan kembali bentuk itu di dunia nyata. Untuk itu, piranti lain tersebut menggunakan sejumlah blower-blower udara yang menghembuskan arus-arus udara pada berbagai kekuatan pada sepotong materi lentur (seperti serat melar atau elastomer) untuk menciptakan bentuk yang diinginkan.  

Jika kedua Kinect tersebut sedang memindai seraut wajah, data scan yang didapat mungkin akan memerintahkan blower yg ada persis di belakang hidung untuk menghembuskan udara paling keras, karena ujung hidung itu akan ditempatkan di titik terdekat dengan sensor-sensor kedua Kinect tersebut, dibandingkan dengan bagian-bagian wajah lainnya.  

Belum diketahui akan digunakan untuk apa teknologi ini. Bisa jadi data scan Kinect semacam ini akan dikirim dari seluruh jaringan ke piranti-piranti pengubah di tempat-tempat lain. Di dunia di mana orang semakin banyak ngobrol dengan gambar di layar, teknologi ini memungkinkan satu bentuk komunikasi yg akan terasa lebih “face-to-face.”•••

back to top