Menu

Google Mulai Benahi Fitur-fitur Penyedot Memori dan Baterai pada Chrome

Google Mulai Benahi Fitur-fitur Penyedot Memori dan Baterai pada Chrome

Bisa jadi Chrome adalah salah satu browser internet yang bisa Anda andalkan, tetapi mungkin juga sangat menjengkelkan, khususnya kalau sudah menyangkut masalah efisiensi energi.

Tetapi Google mengerti itu, dan mulai membenahi Chrome, dengan merilis sebuah versi yang diharapkan bisa menawarkan “web yang lebih cepat dan lebih efisien”.

Perusahaan itu sudah menemukan cara-cara untuk membuat Chrome tak lagi memakan terlalu banyak memori RAM dan bahkan membebaskan resource-resource ketika penggunanya tidak sedang aktif menjelajahi web.  

Meski ingin menawarkan pilihan yang lebih baik, Chrome 45–julukan untuk rilisan Google untuk updatenya yang terbaru—lebih cerdas dalam merestorasi aktifitas tab-tab. Semua tab dikembalikan berdasarkan urutan mana yang paling sering dibuka/dikunjungi. Dan browser ini akan berhenti merestorasi jika memori sudah tak banyak lagi tersisa.  

Selain itu, kini Chrome otomatis mendeteksi kapan suatu halaman web tidak sedang sibuk dan menggunakan waktunya untuk membersihkan memori yang tidak terpakai.  

Google juga mengatakan bahwa Chrome juga akan otomatis menghapus konten Flash yang tidak penting bagi sebuah website. Fitur ini sendiri saja mampu memperpanjang umur daya baterei Anda hingga 15%, tergantung pada sistem operasi apa yang digunakan—tetapi fitur ini akan kembali ke perilaku default bagi para pengguna dalam beberapa pekan ke depan.•••

back to top