Menu

Update Android Marshmallow

Update Android Marshmallow

Hari ini kita akan membahas tentang bagaimana Android versi berikutnya akan membuat para pembuat aplikasi meminta ijin Anda untuk sebelum mengakses fitur-fitur ponsel atau tablet Anda.

Ya, update ini memudahkan penggunanya memahami ijin apa yang diminta suatu aplikasi untuk bisa mengakses bagian tentang pada piranti Anda.  

Alih-alih meminta ijin untuk mengakses semua bagian piranti Anda pada saat instalasi aplikasi, Anda akan melihat permintaan ijin ini di satu waktu, selagi aplikasi Anda terbuka. Ini mirip dengan yang dilakukan oleh aplikasi—aplikasi iOS dan yang biasa dilakukan oleh banyak aplikasi desktop apps (di semua OS). 

Aplikasi-aplikasi Android tidak akan meminta lebih banyak akses ke smartphone atau tablet Anda seperti sebelumnya. Hanya caranya saja yang berubah

Ijin"runtime" adalah ijin yang “diminta bilamana diperlukan”. Ini adalah ijin yang pada versi-versi Android sebelumnya akan seketika Anda berikan. Kini permintaan ijin itu melekat pada tindakan-tindakan aktual yang membutuhkannya.  

Google menyarankan para pengembang Android untuk menunggu sebuah fitur dipahami untuk meminta ijin pengguna untuk menggunakan salah satu di antara fitur-fitur yang ada pada ponsel mereka. Google juga menyarankan agar pengguna ditawari “keuntungan langsung” atas ijin yang (akan) diberikan.  

Keuntungan langsung pada aplikasi Google Earth ini, misalnya, adalah kemampuan untuk memperbesar citra satelit yang menggambarkan posisi Anda dengan menggunakan informasi satelit GPS.••• 

back to top