Menu

Terungkap Rencana Apple untuk Ungguli Google Maps

Terungkap Rencana Apple untuk Ungguli Google Maps

Penggila Apple yang paling gila sekalipun harus mengakui bahwa Apple Maps sama sekali tak ada apa-apanya dibandingkan dengan Google Maps.

Meski aplikasi Maps milik Apple sendiri sudah banyak mengalami perubahan drastis sejak diintrodusir pertama kalinya pada tahun 2012, toh software ini masih belum memiliki sejumlah fitur dasar—seperti petunjuk-petunjuk transit—yang orang harapkan ada pada sebuah software perpetaan modern.  

Tetapi, dengan niat untuk selalu memperbaiki diri dan berkembang, meski lambat tapi pasti, 9to5Mac akhirnya menemukan jawaban atas pertanyaan yang selama beberapa bulan terakhir ini diajukan oleh komunitas pencinta Apple seputar apa yang dilakukan oleh mobil-mobil minivan Apple di seluruh wilayah AS dengan sejumlah kamera canggih di atapnya? 

Ternyata Apple, sudah lama menyimpan sejumlah rencana besar untuk aplikasi Maps-nya dalam upaya untuk menyamai Google, atau bahkan mengunggulinya sama sekali. Berbagai sumber mengatakan bahwa Apple berniat “mengembangkan database mapping in-house-nya yang pertama untuk mengurangi ketergantungannya kepada TomTom”.  Dan mobil-mobil minivan itu diduga kuat digunakan untuk mengumpulkan data dan gambar untuk aplikasi the Apple Maps. Tentu saja dengan harapan bahwa Apple akan memiliki cengkeraman lebih atas pengalaman pengguna. Street View mapping, yang adalah sebuah fitur yang hebat di Google Maps, misalnya, diyakini akan segera diungguli oleh Apple.  

Sayangnya, karena inisiatif perpetaan Apple tersebut adalah sesuatu yang bisa dibilang sama sekali baru, sepertinya kecil peluang bagi kita untuk menemukannya di iOS 9, yang direncanakan akan diintrodusir sekitar satu pekan lagi di WWDC.•••

back to top