Menu

Netflix Segera Berekspansi ke China

Netflix Segera Berekspansi ke China

Perlahan tapi pasti Netflix sudah berekspansi ke berbagai negara, dan tampaknya China akan segera menjadi negara berikutnya. Layanan streaming ini diluncurkan di Perancis tahun lalu, dan, antara lain, menjangkau Australia dan Selandia Baru awal tahun ini.

Menurut para eksekutif di perusahaan-perusahaan di China, Netflix saat ini sedang membicarakan kemungkinan untuk membawa layanannya ke China, di mana beberapa di antara show-show-nya (House of Cards, misalnya) sudah meraih sejumlah penggemar. Tetapi, masalah terbesarnya adalah kemungkinan adanya batasan-batasan yang diberlakukan pemerintah China terhadap konten siarannya.  

Informasi ini berasal dari The Wall Street Journal, yang melaporkan bahwa Netflix sedang membicarakan kemungkinan ekspansinya dengan perusahaan-perusahaan penyiaran online China. Pembicaraan-pembicaraan ini dikatakan baru pada tahap awal. Eksekutif-eksekutif dari BesTV dan Wasu Media Holding Co. dilaporkan sedang dalam proses pembicaraan semacam itu dengan Netflix.

Tetapi, meski mau mempertimbangkan kerjasama dengan Netflix, VP Xu Feng milik BesTV menunjukkan sejumlah kemungkinan munculnya masalah, termasuk kebijakan-kebijakan yang membatasi konten online asing, seperti politik, materi siaran khusus dewasa, dan kekerasan.  

Jika kerjasama semacam itu bisa lolos, bukan mustahil konten Netflix bisa diakses di TV internet, piranti mobile, dan video streaming di China. Eksekutif Wasu mengatakan bahwa pihaknya sudah “beberapa kali” melakukan pembicaraan ini sejak Februari lalu.••• 

back to top