Menu

Malu-malu Google+ Singkirkan Fitur Lingkaran Bersama

Malu-malu Google+ Singkirkan Fitur Lingkaran Bersama

Diam-diam Google+ sudah menghapus tombol lingkaran bersama (shared circles) yang sebelumnya memungkinkan para penggunanya untuk berbagi grup pengguna dan membantu orang untuk menemukan konten pada jejaring sosial itu.  

Fitur ini memungkinkan Anda membuat dan berbagi grup-grup, atau lingkaran-lingkaran, pengguna, yang dapat dieksplor oleh pengguna-pengguna lain untuk menemukan pengguna-pengguna lainnya yang akan mereka tambahkan ke dalam lingkaran-lingkaran mereka sendiri. Orang masih bisa menemukan lingkaran-lingkaran yang sudah ditayang di Google+ dan kemudian menggunakannya untuk menciptakan lingkaran baru atau menambah lingkaran baru. Tetapi jika Anda ingin mengambil salah satu lingkaran Anda dan membaginya, Anda tak bisa lagi melakukannya; tombol untuk menjalankan fungsi itu sudah tak ada lagi.  

Google membenarkan berita itu kepada VentureBeat, beberapa hari setelah Google+  mengintrodusir fitur Collections untuk berbagi konten ke board-board.  

Penghapusan tombol shared circle dan peluncuran Collections ini dimaksudkan untuk menyederhanakan Google+. Orang masih bisa mendorong temen-temannya untuk mengikuti orang atau laman tertentu dengan cara menambahkan tanda + di depan nama yang bersangkutan (misalnya +AyJay Schibig) dan menyebutnya nama itu dalam sebuah post.    

Ketika Google menambahkan fitur shared circles ke Google+ pada September 2011 —tiga bulan setelah peluncuran Google+--lingkaran-lingkaran semacam itu tidak mampu menampung lebih dari 250 akun Google+; batas itu belakangan diperluas hingga mencapai 500 akun. Ini mirip dengan daftar-daftar Twitter dan grup-grup Facebook dalam beberapa hal. 

Menurut Marketing Land, pada Oktober 2013 Google+ memiliki 300 juta pengguna “in-stream” aktif per bulannya, yaitu orang-orang yang melihat atau mengunjungi arus konten Google+. Google sendiri tidak menyediakan pengukur penggunaan Google+.•••

back to top