Menu

Sosial Marketing Spredfast Genjot Kecerdasannya

Sosial Marketing Spredfast Genjot Kecerdasannya

Spredfast sedang menggenjot Intelligence-nya, kependekan dari nama alat pencari sosial milik platform marketing sosial itu semula, Spark/Intelligence, yang relaunchingnya dilakukan awal April 2015 yang baru lalu, dengan kemampuan baru untuk melihat masa lalu dan meramalkan masa depan

Analisis data sosial adalah sesuatu yang digdaya tetapi rumit. Konsumen Spredfast, manajer marketing produk Miguel Fernandez, misalnya, mengeluh bahwa “hanya satu dari sepuluh karyawan kami mampu membuat sebuah daftar pertanyaan untuk data sosial. Analisis, tambahnya, “sulit, lambat, mahal, dan pasif”, di mana yang disebut terakhir itu berarti tidak langsung menawarkan kesimpulan-kesimpulan yang bermanfaat.

Untuk mengatasi semua masalah itu, Spredfast kini menambahkan sebuah antar-muka yang lebih sederhana, plus kemampuan-kemampuan seperti mencari data historis dan meramalkan volume post-post sosial yang diharapkan berdasarkan trend yang berkembang. Akses ke data historis Tumblr dan data tentang trend-trend dan prediksi-prediksi untuk Facebook juga ditambahkan untuk melengkapi sumber yang semula hanya melibatkan Twitter.

Artinya, kata Manish Mehta, kepala bagian produk, kini kecerdasannya memiliki “kemampuan untuk mengkombinasikan apa yang sudah, sedang, dan akan terjadi” dalam satu pandangan. Inilah yang membedakannya dengan platform-platform lainnya.  

Ini seperti sesuatu yang remeh, tetapi perbandingan-perbandingan antara momentum-momentum sosial sepanjang waktu memungkinkan kalangan marketer memahami perbedaan pada hasil dari berbagai kampanye yang sudah berlalu dan mempreduksi trend yang akan datang, guna menentukan kebijakan marketing bagi siapapun yang merasa berkepentingan.•••

back to top