Menu

Menelisik Prosesor Pendukung MacBook Air Ultra-tipis 12 Inchi

Menelisik Prosesor Pendukung MacBook Air Ultra-tipis 12 Inchi

Apple diduga akan meluncurkan laptop Retina: MacBook Air 12 inchi-nya yang lebih kecil, lebih tipis, dan tanpa kipas, tahun depan.

Diduga produk ini akan menampilkan sebuah desain yang menjadi mungkin karena menggunakan prosesor Core M “Broadwell dari Intel yang diluncurkan oleh produsennya tahun ini.

CPU World sudah mendata empat versi prosesor Intel Core M yang bahkan lebih baik dari chip-chip Core M yang sudah Intel luncurkan sebelumnya, di mana, menurut MacRumors, versi-versi Core M ini ditakdirkan untuk MacBook Air Retina yang akan diluncurkan tak lama lagi oleh Apple.   

Publikasi itu juga mengatakan bahwa Apple sudah menguji beberapa di antara chip-chip Core M baru ini untuk MacBook Air 12 inchi. Chip-chip tersebut meliputi “sebuah chip canggih 5Y71 baru yang bekerja pada frekuensi 1.2 GHz dengan sebuah max turbo berkekuatan 2.9 GHz, dua chip kelas-menengah baru yang hadir sebagai 5Y51 dan 5Y31,  dan sebuah varian 5Y10c baru yang tak terlalu canggih.”

Semua chip itu menawarkan grafik yang lebih cepat dibandingkan para pendahulunya tanpa memakan lebih banyak daya, dan frekuensi-frekuensi grafiknya sudah beranjak dari 100MHz ke 300MHz di seluruh papan induk. Frekuensi-frekuensi itu bahkan mencapai 900MHz untuk mode turbo pada chip-chip baru itu. 

Banyak laporan mengatakan bahwa Apple sedang mengerjakan sebuah rancang-ulang model MacBook Air yang tidak hanya akan menggunakan layar display Retina beresolusi tinggi, tetapi juga desain yang lebih ramping karena tidak membutuhkan kipas untuk pendinginan karena versi itu menggunakan prosesor-prosesor Intel Core M yang hemat daya.

Apple diduga akan meluncurkan MacBook Air yang sudah diupdatenya itu sekitar pertangahan tahun depan.•••

back to top