Menu

Jamtangan Kebugaran ‘Surge’, Baru dari Fitbit

Jamtangan Kebugaran ‘Surge’, Baru dari Fitbit

Fitbit Surge. Harganya 250 dolar AS. Sebuah jamtangan kebugaran lengkap dengan radio GPS di dalamnya (ruang untuk ini diciptakan oleh bentuk layar yang tipis sebelah—ide yang brilian!), beberapa sensor pemantau detak jantung di bagian belakanganya.

Sebuah langkah yang dengan cerdik membuang beberapa fitur dari kategori jamtangan cerdas. Tapi itu semua (seharusnya) masih rahasia.

Well, salah satu mitra Fitbit—Brookstone—secara tak sengaja membocorkan ide ini pada Sabtu (25 Okt) lalu dengan menulis ulasan tentang jamtangan yang satu ini di situsnya, demikian dilaporkan oleh Verge. Tetapi, sebelum ada orang yang sempat mencuri dan membagi link website itu kepada publik, Brookstone sudah keburu menghapusnya.  

Fitbit menyebut Surge sebagai “super watch.” Mungkin itu agak berlebihan, tetapi mungkin Anda masih bisa menyebutnya ‘jamtangan kebugaran super’.

Semakin banyak jamtangan kebugaran masuk ke pasaran dengan kisaran harga antara 200 sampai dengan 300 dolar AS, dan produk-produk baru yang masuk ke dalam kategori ini berlomba memperkayanya dengan fitur-fitur baru (seperti GPS dan berbagai notifikasi) agar dapat bersaing dengan lebih baik).

Penanda GPS jelas keren karena memungkinkan pelari dan pengendara sepeda untuk memetakan rute mereka tanpa harus membawa-bawa ponsel cerdas. Detak jantung juga dapat digitung, dan dilaporkan melalui sebuah aplikasi di akhir aktifitas lari Anda. Jamtangan ini tidak memiliki barometer, tetapi menggunakan sebuah altimeter untuk mendeteksi ketika Anda sedang jogging atau biking di atas perbukitan.  

Selain itu, Fitbit juga menambahkan sejumlah fitur keren lainnya yang biasa ada pada jamtangan-jamtangan cerdas ber-fitur lengkap seperti Apple Watch atau Samsung Gear. Dengan menggunakan sebuah koneksi Bluetooth dengan ponsel Anda, alat ini menampilkan ID penelpon dan pesan-pesan teks, dab dapat mengendalikan pemutar musik di ponsel Anda.  

Konon, “super watch” ini bisa bertahan aktifitas selama 7 hari tanpa harus mengisi-ulang tenaga batereinya.  

Fitbit mengatakan bahwa Surge terintegrasi dengan 120 piranti mobile berbasis iOS, Android, dan Windows. Tetapi, piranti kesehatan dan gaya ini baru akan masuk ke pasaran tahun depan.•••

back to top