Menu

Hal Ihwal iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, Sebelum Anda Membelinya

Hal Ihwal iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, Sebelum Anda Membelinya

Akhirnya, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus benar-benar muncul di pasaran. Ini menandai perubahan desain terbesar bagi iPhone dalam dua tahun terakhir dan pergeseran yang semakin menjauh dari desain retro-futuristik generasi iPhone 4.

Ini juga kali pertama Apple merilis dua piranti canggih baru di deretan papan teratas (5C yang diluncurkan tahun lalu lebih tepat dikategorikan kelas menengah), dan rasanya tidak terlalu berlebihan kalau dibilang inilah peluncuran iPhone paling penting sejak 2007.  

Dan dengan semua perubahan ini muncul pula pertanyaan-pertanyaan di kalangan pengguna awam. Beberapa di antaranya muncul dalam obrolan-obrolan Twitter, juga di toko Apple paling berkelas di Fifth Avenue NYC belakangan ini.

Berikut beberapa pertanyaan yang muncul seputar iPhone 6 dan 6 Plus:
Jadi, seberapa besarkah sesungguhnya iPhone 6 Plus?
Sangat besar! Dia kelihatan ‘mengecilkan’ semua ponsel—termasuk LG G3 berlayar 6 inchi dan Galaxy Note 3 yang 5,7 inchi itu, dan terasa agak sulit digenggam, bahkan untuk ukuran tangan yang cukup besar sekalipun. Rasanya lebih seperti tablet kecil ketimbang ponsel besar. Sebagian orang mungkin menyukainya, tetapi untuk sebagian lainnya mungkin tidak.  

Apakah iPhone 6 Plus pas di saku?
Cukup muat di jeans Old Navy dan Levi’s yang cukup ramping, tetapi kelebihan ruangnya (khususnya untuk jeans-jeans ketat) tentu berbeda-beda. Dan meski iPhone 6 Plus pas di saku, tetapi mungkin tidak terlalu nyaman. Ukrannya yang besar akan membuat orang benar-benar sadar bahwa dirinya sedang berjalan ke mana-mana dengan piranti berukuran besar di saku celananya (ehem!), bentuk persegi besarnya yang menonjol di balik saku jelas akan menarik perhatian. Tetapi, iPhone 6, terasa benar-benar pas di saku.  

Bagaimana iPhone 6 dan 6 Plus dibandingkan dengan 5S?
Bila dijajarkan, iPhone 6 tampak hanya sedikit lebih besar dari 5S, meski layarnya jauh lebih besar, 4,7 inchi. Jika Anda suka ponsel berukuran kecil, iPhone 6 masih cukup kecil sekaligus besar manfaatnya, tetapi mungkin bagi sebagian orang 5S yang terasa lebih kecil akan lebih memuaskan. Di sisi lain, iPhone 6 Plus benar-benar seperti monster besar.

Apakah ada masalah dengan kamera yang menonjol?
Karena iPhone 6 dan 6 Plus lebih tipis dari 5S, Apple memutuskan untuk memberikan sedikit tonjolan pada kamera kedua ponsel itu alih-alih mengorbankan kualitas optik. Itulah yang pertama kali tampak pada iPod Touch terbaru, yang bahkan lebih tipis lagi dari kedua ponsel baru ini. Tonjolan kamera itu tampak bila dilihat dari jarak dekat, tetapi tonjolan itu tidak menimbulkan masalah apapun ketika ponsel dimasukkan ke dalam saku, karena tonjolannya pun tidak seberapa tebal. Dengan adanya tonjolan semacam itu, secara teknis lensa kamera jadi lebih terlindung dari gesekan dan goresan, tetapi karena lensa itu terbuat dari safir, goresan bukanlah masalah sama sekali.  

Apakah sudut-sudutnya yang melengkung tampak mirip dengan desain cantik Nokia Lumia?
Betul sekali. Penampilannya tampak tidak asing karena sudut melengkung seperti itu sudah Nokia gunakan selama beberapa tahun terakhir ini pada ponsel-ponsel Lumia-nya (dan bahkan pada beberapa ponsel sebelumnya). Kacanya yang cembung memang terasa agak sedikit lebih licin dan rata dengan bagian belakang pada kedua iPhone itu, dan implementasi yang dilakukan Apple terasa sedikit lebih halus dan mewah karena casingnya terbuat dari metal, bukan plastik. Tetapi boleh diduga bahwa sebagian desainer Nokia di luar sana menggerutu.  

Siapa yang akan menang, iPhone 6 atau 6 Plus?
6 Plus memang lebih unggul, tetapi ukuran iPhone 6 yang lebih kecil juga bisa jadi daya tarik tersendiri.•••

back to top