Menu

Jajak Pendapat FTC untuk Paltform Baru Verifikasi Usia dan Perijinan Orang Tua

Jajak Pendapat FTC untuk Paltform Baru Verifikasi Usia dan Perijinan Orang Tua

Memaksa anak untuk menuliskan kode bukan soal sulit sekarang. Banyaknya game-game bagus yang dipenuhi kode-kode permainan, banyak yang beredar saat ini.

Sebuah perusahaan debutan AgeCheq semakin serius dengan gagasannya untuk mengajukan piranti-lunaknya yang berfungsi memverifikasi usia. Langkahnya adalah dengan mengajukan sebuah proposal kepada Federal Trade Commission (FTC) untuk memasukkan piranti-lunak itu ke dalam daftar resmi yang berisi tentang metode-metode verifikasi ijin orangtua dan usia.

FTC mengatakan bahwa pihaknya mulai mengumpulkan jajag pendapat masyarakat tentang AgeCheq. Sebuah platform verifikasi ijin orangtua yang diharapkan dapat membantu situs-situs online dan game-game untuk memenuhi aturan terbaru Perlindungan Privasi Online Anak-anak.

Di bawah aturan ini, orangtua harus menyatakan persetujuannya sebelum situs-situs dan layanan-layanan online dapat mengumpulkan informasi tentang seorang anak. Aturan ini sudah menetapkan sejumlah pilihan tentang bagaimana perusahaan-perusahaan dapat memverifikasi usia anak dan ijin orangtua, dan saat ini AgeCheq sedang berusaha untuk memasukkan piranti-lunaknya yang berfungsi untuk memverifikasi usia anak itu ke dalam daftar resmi yang disetujui FTC.

Minggu sebelumnya, FTC menyatakan akan menghukum perusahaan-perusahaan dengan menjatuhkan denda sebesar 16 ribu dolar AS untuk setiap pengunduhan yang gagal memenuhi aturan tersebut. Perusahaan-perusahaan besar mungkin mampu membayarnya, tetapi perusahaan-perusahan kecil dan para debutan barangkali akan sangat keberatan menanggungnya. Menerapkan sebuah protokol verifikasi juga bisa sangat sulit dan makan biaya—sebuah masalah yang AgeCheq ingin coba berikan solusinya.  

SDK terbuka perusahaan itu memungkinkan para pengembang mengintegrasikan piranti-lunak itu dengan aplikasi apapun, dan dengan demikian memastikan bahwa semua penerbit tunduk pada peraturan itu.

AgeCheq memverifikasi usia seorang individu dan juga memberi para orangtua kontrol yang lebih baik atas informasi anak yang secara personal dapat diidentifikasi dan kemampuan untuk memantau apa yang dilakukan anak-anaknya di internet secara online.

Konsumen bisa memberikan komentarnya tentang AgeCheq hingga tanggal 30 September mendatang. FTC mencari masukan tentang apakah aplikasi ini efektif mengecek usia anak dan ijin orangtua dan apakah piranti-lunak ini membahayakan informasi konsumen ataukah tidak.•••

back to top