Menu

Cara Baru dalam Memilih Laptop

Cara Baru dalam Memilih Laptop

Pasar laptop telah mengalami perubahan besar dalam beberapa tahun terakhir. Di sisi lain untuk memilih notebook saat ini, tentu tidak lagi segampang sebelumnya.

Mulai dari perbandingan bobotnya, untuk mobile PC mulai ultrabooks ringan yang nyaris beratnya kurang dari 2 pon sampai laptop besar yang beratnya lebih dari 10 pon.

Selain itu, tampilan laptop telah mengalami transformasi, dengan desain kenyamanan yang memikirkan kembali clamshell standar untuk memanfaatkan antarmuka sentuh. Beberapa bersistem ganda sebagai tablet dengan engsel yang dapat ditekuk dan lipat, sementara lainnya berupa Tablet PC dengan keyboard aksesori untuk penggunaan bergaya laptop. Ada banyak jenis notebook baik dari segi ukuran maupun kegunaan sesuai dengan kebutuhan setiap orang.

Dari situlah panduan membeli sangat diperlukan. Dengan singkat akan dijelaskan mulai dari gaya dan fitur serta istilah-istilah dan tren terbaru yang akan membantu Anda mengetahui fitur yang diinginkan sehingga dapat menentukan laptop yang tepat untuk Anda.

Ultrabooks dan Ultraportables
Intel telah menghabiskan beberapa tahun terakhir untuk memperkenalkan ultrabooks, generasi laptop yang menggabungkan ketipisan, desain ringan dengan hardware hemat energi terbaru dan baterai tahan lama untuk menghasilkan sebuah sistem yang memberikan produktivitas dengan jenis portabilitas yang lama.

Ultrabooks termasuk kategori ultraportable yang disempurnakan dengan standar ketebalan tidak lebih dari 22mm (0,79 inci) dengan ukuran layar kurang dari 14 inci. Dijuluki ultrabooks, sistem dalam kemasan ringan ini merupakan sebuah visi baru dalam komputasi portabel, dengan baterai dan penyimpanan yang dapat digunakan untuk melanjutkan pekerjaan dalam hitungan detik setelah tidak digunakan.

Ultraportable terbaik memang masih cukup malah, tetapi kinerja yang ditawarkanpun luar biasa, dan sering dilengkapi dengan fitur-fitur terbaru. Acer Aspire S7 misalnya, dengan ketebalan hanya setengah inci tetapi masih menawarkan layar sentuh 1080p, port HDMI, dan daya tahan baterai lebih dari 8 jam. Sama halnya dengan Samsung Ativ Book 9 Plus dengan resolusi layar 3200x1800 yang menakjubkan.

Windows 8 dan Sentuh
Perubahan yang paling dramatis dalam beberapa tahun terakhir datang dari Windows 8. Jika Anda belum pernah menggunakan Windows 8 sebelumnya, mungkin Anda akan sedikit bingung dengan tampilan antarmuka baru yang berfokus pada interaksi berbasis sentuhan. Windows 8 dimaksudkan untuk menjembatani antara laptop dan tablet. Dengan memperkenalkan skema navigasi baru, tampilan Start Menu berbasis tile, dan perangkat lunak yang user-friendly.

Jika Anda mencari laptop Windows 8, layar sentuh sangat dianjurkan. Bahkan model untuk pemula seperti Acer Aspire E1-510P-2671 atau Toshiba Satellite NB15t-A1304 dilengkapi dengan fitur layar sentuh, dan pengalaman pengguna pada Windows 8 akan lebih intuitif ketika menggunakan sentuhan.

Hybrid Desain Laptop
Dalam upaya lebih lanjut untuk memasuki pasar tablet dengan tetap memenuhi kebutuhan pembeli laptop, sebuah kategori baru laptop/tablet hybrid muncul. Dengan desain nyaman yang dapat diubah dari laptop ke tablet maupun sebaliknya, sebagian dengan cara melipat engsel khusus seperti engsel flip-and-fold pada HP Pavilion x360 maupun dengan engsel Ezel inovatif seperti pada Acer Aspire R7-572-6423.

Sistem hybrid lainnya memungkinkan Anda menggunakan tablet PC dengan keyboard aksesoris agar berfungsi layaknya laptop, misalnya Asus Transformer Book T100TA (64GB), atau Sony VAIO Tap 11. Beberapa dari desain hybrid menawarkan keyboard docking, dengan baterai tambahan, sementara lainnya memilih menggunakan keyboard Bluetooth, serata adapula yang menggabungkan keduanya.

Mainstream dan Premium
Sementara seluruh kategori laptop dibentuk seramping mungkin, masih ada pasar untuk pengganti desktop dan laptop yang memadukan desain premium dan fungsi. Dengan ukuran layar 14-15 inci dan menawarkan semua yang Anda butuhkan untuk komputasi sehari-hari. Sistem seperti Acer Aspire V3-772G-9460 menawarkan layar yang lebih besar, pilihan port dan fitur yang lebih banyak, dan dilengkapi dengan optical drive.

Sementara banyak produsen PC telah pindah secara massal ke kategori ultrabook, Apple belum meninggalkan pengganti desktop, dengan tampilan resolusi ultra tinggi dari Apple MacBook Pro 15 inch (2013) menjadi standar baru kualitas grafis. Tampilan 1080p juga muncul di laptop Windows, seperti Dell XPS 15 (9530, yang menawarkan resolusi layar 3200x1800 yang menakjubkan dan dibalut dengan konstruksi serat karbon premium.

Media dan Gaming
Bagi gamer yang mementingkan kinerja, kombinasi prosesor terbaru, kartu grafis yang kuat, dan layar besar beresolusi tinggi, sangat layak mengeluarkan biaya lebih tinggi untuk sebuah rig game. Bagi Gamer, mereka rela membeli The Origin EON17-SLX dengan harga lebih dari $ 3.500 dan bahkan sistem game untuk pemula seperti MSI GX70 3BE-007US akan mepunyai harga yang cukup mahal.

Prosesor quad-core merupakan bagian yang penting, dengan chip Intel Core i7 atau AMD A10 yang mendorong kinerja tinggi bahkan untuk aplikasi non-game. GPU dari Nvidia dan AMD memberikan grafis halus seperti sutra dan framerates yang mengesankan. The Origin EON17-SLX memiliki dua GPU, pantaslah memiliki harga yang tinggi. Fitur tambahan yang harus diperhatikan termasuk layar monitor beresolusi tinggi yang menawarkan resolusi 1080p atau lebih, dan hard drive 1 TB atau lebih sebagai ruang penyimpanan lokal yang memungkinkan untuk menyimpan seluruh koleksi permainan pada mesin.

Tidak semua laptop game berbentuk tebal dan besar. Namun, dengan desain ramping ultrabooks telah melahirkan generasi baru mesin game portable yang menawarkan kinerja gaming tingkat namun dengan desain lebih portabel. Termasuk dalam ultraportables game, seperti Razer blade (2013), menarik inspirasi dari ultrabooks, dan menawarkan jenis yang sama dengan dimensi yang tipis dan baterai tahan lama. Tapi, seperti rig game lainnya, dengan menawarkan kinerja yang sangat handal, Ultraportable Game-pun memiliki harga yang mahal di kisaran 2 ribu dolar AS.•••

back to top