Menu

Angela Merkel: Usulankan jaringan komunikasi untuk Eropa

Angela Merkel: Usulankan jaringan komunikasi untuk Eropa

Sekali lagi tentang keamanan dan perlindungan data dari mata-mata Amerika. Kanselir Jerman Angela Merkel mengusulkan membangun jaringan komunikasi Eropa, untuk membantu meningkatkan perlindungan data.

Ini akan menghindari email dan data lain secara otomatis melewati Amerika Serikat. Dalam podcast mingguannya, dia berkata akan mengangkat masalah ini dengan Presiden Prancis Francois Hollande. Pengawasan yang dilakukan oleh US National Security Agency (NSA) telah mendorong kekhawatiran besar di Eropa. Seperti yang diungkapkan oleh whistleblower AS Edward Snowden; Bahkan ponsel sekutu AS, seperti Nyonya Merkel, telah dipantau oleh mata-mata Amerika. Dokumen rahasia NSA mengungkapkan bahwa sejumlah besar data pribadi yang dikumpulkan dari internet saat ini ada dibawah pengawasan Amerika Serikat dan Inggris. "Di atas semuanya, kita akan berbicara tentang penyedia Eropa yang menawarkan keamanan bagi warga kami, sehingga seseorang tidak harus mengirim email dan informasi lainnya melintasi Atlantik," katanya. "Sebaliknya, orang bisa membangun jaringan komunikasi di dalam Eropa."

Isu Sensitif
Tidak ada keraguan bahwa Eropa harus berbuat lebih banyak dalam bidang perlindungan data, katanya. Seorang pejabat Prancis yang dikutip oleh kantor berita Reuters mengatakan bahwa pemerintah di Paris berencana untuk mengambil inisiatif Jerman. Privasi pribadi merupakan isu sensitif di Jerman di mana sebelumnya pengawasan yang luas dilakukan di bawah Nazi dan komunis Jerman Timur. Seorang juru bicara kebijakan luar negeri untuk Kristen Demokrat Nyonya Merkel, Philipp Missfelder, baru-baru ini mengatakan bahwa upaya mata-mata AS telah membawa hubungan dengan Washington ke tingkat terburuk sejak invasi pimpinan AS ke Irak pada tahun 2003. Padahal jauh sebelumnya Jerman telah berusaha untuk membujuk Washington untuk menyetujui "no-spy" kesepakatan tetapi tidak berhasil.••

 

 

 

back to top