Menu

Kenali Keunggulan iOS7 untuk Bisnis

Kenali Keunggulan iOS7 untuk Bisnis

Perkembangan iOS hingga versi 7 ini mestinya sudah mencakup segala hal mengenai perusahaan, Bring Your Own Device (BYOD), dan Corporate Owned Personally Enabled (COPE) iPhones. Bisa dibilang, iOS7 adalah versi iOS yang hingga kini paling siap untuk perusahaan.

Perkembangan iOS 7 mengubah secara drastis bagaimana pengguna berinterkasi dengan sumber daya dari perusahaan. Dibalik dukungan dari Mobile Device Management (MDM), berikut ini ada beberapa fitur dari iOS 7 yang bisa mengubah segalanya baik dalam hal berkolaborasi, akses ataupun manajemen device.

AirDrop

Fitur baru di iOS 7 ini membuka kesempatan menarik bagi para pengguna untuk berkolaborasi, meskipun hanya dengan iPhone. Cukup dengan mengaktifkan AirDrop, para pengguna bisa berbagi konten dari berbagai aplikasi yang ada di iOS7 miliknya, kepada pengguna iOS7 lainnya. Jika pengguna lain menghendaki, maka konten tersebut muncul di aplikasi yang bersangkutan pula (contoh, halaman situs dengan mudah terbuka di Safari, sedangkan dokumen kantor bisa dibuka dengan Quickoffice). Meskipun Apple sedang getolnya mendokumentasikan fitur fitur pada AirDrop, kita mesti waspada bahwa ini adalah hal baru, jadi sebaiknya sebelum di pergunakan di lingkungan kerja lebih baik mengadakan pelatihan kecil kecilan dulu sehingga bisa terbiasa dengan prosesnya.

Enterprise Single Sign On (SSO)

SSO merupakan sistem keamanan yang harus ada pada sebuah perusahaan, jadi dukungan dari iOS 7 dapan menjadikan iPhone sebuah dasar untuk masuk ke ranah enterprise. Menggunakan SSO di iOS 7 memang membutuhkan bantuan tangan dari divisi IT dan para pengembang perangkat lunak untuk bisa berlangsung dengan baik. Layanan SSO di iOS7 pada dasarnya berfungsi membuat pengguna iPhone dapat menggunakan kredensial yang sama antar aplikasi tanpa harus mengetikkan ulang password.

Per app VPN

Ini sangat berguna sekali pada banyak kasus. Contohnya, per app VPN bisa di set untuk aplikasi yang kritikal, seperti email, enterprise social networking, project management, dan customer relationship management (CRM). Per app VPN melindungi data dari masing masing aplikasi tersebut tanpa memperlambat kinerja iPhone itu sendiri. Pengaturan apps dan akun untuk membuka dokumen dan lampiran Fitur satu ini melindungi data perusahaan dengan mengkontrol aplikasi-aplikasi dan akun-akun bagi pengguna iOS7 Anda sehingga bisa membuka dokumen dan lampiranya tanpa tertukar. Fitur ini mestinya adalah kunci utama dari strategi kolaborasi perusahaan dengan mobile, sebab dengan ini membuat dokumen perusahaan pada aplikasi perushaaan dan mencegah dokumen pribadi di buka melalui aplikasi yang di atur oleh perusahaan. Native e-mail client sudah diperbaiki! Pada dasarnya kebanyakan bukan penggemar iOS email client yang sudah ada, namun kali ini Apple membuat beberapa perubahan positif, termasuk merancang ulang fitur search, view PDF annotations, dan smart mailbox. Bagi yang menjadi pengguna Exchange 2010, sekarang sudah ada fitur untuk mensinkronkan dengan kan notes dari Outlook. Sebenernya ini tidak serta merta membuat orang menggunakan native Apple email client, hanya dengan perbaikan ini, artinya Apple mendengarkan feedback yang kebanyakan menunjukkan bahwa sebenernya app ini adalah kurang menginsipirasi. Proteksi data dari Third-party app Semua third-party apps di dalam ekosistem iOS 7 kini memilki proteksi data yang otomatis aktif, semua informasi yang disimpan dalam App Store jadi lebih aman dengan dilindungi oleh password dari para pengguna, setidaknya hingga mereka membukanya sendiri. Proteksi data dari Third-party app ini menggunakan password pengguna untuk membuat enkripsi yang unik tanpa adanya turut campur dari divisi IT. Konfigurasi aplikasi jarak jauh Artinya masih membutuhkan aksi dari para pengembang ekosistem iOS7 untuk benar benar mewujudkannya. Dan ini hanya akan terjadi jika konsumen ikut mendorong para pengembang untuk menambahkan dukungan tadi. Sebetulnya, fitur ini sangat menjanjikan bagi perusahaan, namun kita harus menunggu para pengembang untuk ikut mendukung aplikasi perusahaan ini iWork Haratis! Jika Anda membeli iPhone 5s atau 5c, Apple membiarkan Anda mendownload GRATIS iWork suite dari Office apps. Memang iWork mungkin tidak bisa menjadi penantang Microsoft Office secara perusahaan, namun kecuali Microsoft menulis ulang strategi satu 'cloud' dalam satu waktu, iWork bagi iOS dan iWork bagi iCloud bisa jadi sweet spot bagi mobile dan aplikasi-aplikasi cloud office.

back to top