Menu

Kernel of Life: Diagnosis Penyakit Lewat Ponsel

Kernel of Life: Diagnosis Penyakit Lewat Ponsel

Kernel of Life dirancang untuk mendukung kelebihan berbagai ponsel pintar dan cloud-nya untuk memungkinkan orang-orang di daerah-daerah yang jauh dari perkotaan untuk melakukan sendiri sejumlah test untuk mengetahui tentang penyakit-penyakit yang mungkin mereka derita.

Diciptakan oleh Fuseproject yang berbasis di San Francisco, Kernel of Life dirancang untuk menguji kesehatan penggunanya melalui empat materi uji yang berbeda: nafas, air liur, darah dan urin. Perangkat ini mengirimkan hasilnya ke ponsel Anda melalui Bluetooth. Hasil-hasil pengujian itu dapat Anda kirimkan ke dokter di tempat yang jauh dari Anda sekalipun agar Anda mendapatkan diagnosis dan saran-saran medis untuk menyembuhkan penyakit yang Anda derita. 

Kernel of Life dirancang terutama untuk merawat penyakit-penyakit yang bisa ditemui di negara-negara berkembang, seperti malaria. Alat ini terbagi dalam empat kuadran (masing-masing satu untuk tipe sampel uji yang bereda-beda) dan, ketika ditutup, sebuah alat pensteril built-in otomatis membersihkan lempeng-lempeng penguji tersebut. Fuseproject menyatakan bahwa teknologi yang digunakan untuk mengembangkan Kernel of Life sudah tersedia sekarang, tetapi masih terlalu mahal untuk diproduksi secara massal.  Tetapi, diharapkan biaya produksi ini akan turun drastis dalam kurun waktu lima hingga sepuluh tahun ke depan, sehingga Kernel of Life dapat menjadi sebuah konsep yang dapat segera diwujudkan dalam kenyataan.••

back to top