Menu

Laptop EON15-S: Gear Yang Menggairahkan

Laptop EON15-S: Gear Yang Menggairahkan

Meskipun layar hanya berukuran 15", tapi jangan sangka laptop ini ringan. Laptop untuk game biasanya lebih berat, jika dibandingakan dengan laptop kantoran. Laptop EON15-S memiliki berat 3 kg. Namun tak disangka hanya setinggi 43 mm. Rancang body yang tajam bersudut menandai laptop ini adalah khusus untuk game. Banyak pilihan warnanya, dengan variasi warna-warna menyala, pastinya membuat kepala menoleh.

Sayangnya, keseluruhan rangkanya terbuat dari plastic. Pilihan material yang agak mengecawakan memang, apalagi ketika dibandingkan harga yang dibanderolnya. Untungnya material itu masih dibalut dengan karet lembut, sehingga tidak terkesan murahan atau rapuh. Layar LED berukuran 1920 x 1080 ini terkesan mungil dengan kinerja mengagumkan dalam test dasar kualitas citra, didukung warna yang diatas rata-rata, kontras dan tak terpengaruh pada kemiringan sudut pandang kelayar.

Usahanya untuk menandingi layar hebat ini dengan sepasang speaker dari Onkyo, sebuah perusahaan high-end audiophile. Namun kita akan mendapati suara bass yang relatif agak berlebihan. Dengan ukuran yang kecil, membuat setiap tuts berhimpitan, maka backlit keyboard nya pun jadi terkesan kesempitan. Namun dengan sedikit waktu tambahan Anda akan terbiasa. Untungnya lagi Touch pad lebih mudah untuk digunakan, dengan tombol kiri/kanan yang terasa sangat pas.

Input/Output nya hanya bisa digambarkan sebagai “cukup komprehensif”. Pada sisi sebelah kiri, kita dapat temukan port untuk twin USB 3.0 bersebelahan dengan sebuah port eSATA, SD Card reader dan FireWire. Sementara pada sisi berlawanan terlihat DVD burner, bersebelahan dengan lubang colokan headphone, microphone, line-in dan SPDIF. Sebuah port  USB 2.0 pun ada pada sisi ini. Di bagian belakang, kita dapat menemukan port display, dengan HDMI, DisplayPort dan Output DVI-I.

Memang EON15-S memiliki semua konektivitas yang paling mendasar tercukupi bagi Anda, tapi gear didalamnya itulah yang benar-benar menggairahkan.•••

back to top