Menu

Google Menyulap Docs, Drive dan Calendar Lebih Produktif dari Sebelumnya

Google Menyulap Docs, Drive dan Calendar Lebih Produktif dari Sebelumnya

Jika Anda menghabiskan hari-hari kerja Anda dengan menggunakan aplikasi-aplikasi produktifitas Google, hal pertama yang mungkin Anda tengarai kini adalah bahwa Google for Work sudah punya nama baru: G Suite.

Begitu Anda menyadari hal ini, Anda mungkin juga melihat sejumlah update pintar di paket baru ini yang pasti akan menghemat waktu Anda dan menjaga agar arus kerja Anda mengalir dengan lancar.  

Pertama: Docs, Sheets dan Slides mendapat satu fitur “Explore” baru yang menggunakan pencarian bahasa biasa untuk membantu Anda meneliti dan mempelajari laporan-laporan, memilih dan memilah data atau mendesain presentasi-presentasi dengan tampilan yang lebih baik. Dalam setiap aplikasi utama ini, sebuah tombol Explore menghadirkan sebuah sidebar baru dengan sejumlah opsi kontekstual berdasarkan aplikasi yang sedang Anda gunakan. Di Docs, ini artinya Explore akan mencari dan menyarankan gambar-gambar, tautan-tautan web atau dokumen-dokumen Drive yang tampak relevan dengan konten yang sedang Anda tulis. Di Sheets, Explore memungkinkan Anda menggunakan kata-kata, bukan rumus-rumus, untuk menganalisis data spreadsheet Anda. Jadi, pertanyaan biasa seperti, "Apa saja tiga item penjualan terlaris?” akan otomatis menciptakan sebuah rumus dan menghadirkan ulasan-ulasan yang Anda butuhkan. Terakhir, di Slides, sidebar Explore akan membantu Anda memoles deck Anda dengan menyodorkan saran-saran desain dan layout yang dapat diterapkan hanya dalam satu klik saja. Fitur Explore ini hidup di Docs dan Sheets pada versi-versi web, Android dan iOS, tetapi hanya tersedia di versi web pada Slides.

Kedua: Google Drive juga mendapat update penghemat-waktu yang disebut Quick Access, yang G klaim akan menghemat hingga setengah waktu yang diperlukan untuk menemukan file yang Anda cari. Seperti pencarian Natural Language yang diintrodusir di Drive pekan lalu, fitur baru ini menggunakan pembelajaran mesin untuk mengantisipasi file yang Anda butuhkan berdasarkan kebiasaan-kebiasaan kerja harian Anda, rapat-rapat team yang sering Anda ikuti, atau interaksi-interaksi Anda dengan kolega-kolega Anda. Untuk saat ini, Quick Access hanya tersedia bagi konsumen G Suite di Android.

Terakhir: Fitur praktis “Find a Time” pada Google Calendar sedang dikembangkan tidak hanya untuk Android. Seperti update-update lainya, “Find a Time” menggunakan pembelajaran mesin tidak hanya untuk menemukan dan menetapkan waktu rapat yang tepat untuk semua undangan, tetapi juga mengingat ruang rapat mana yang Anda suka, mencari waktu rapat cadangan, dan dengan cerdik akan mencarikan solusi untuk waktu-waktu rapat Anda yang tabrakan. Fitur ini aktif di iOS dan akan hadir untuk versi web di akhir tahun ini. •••

back to top