Menu

Mengapa iPhone 7 yang "Membosankan" Lebih Laku dari iPhone 6s?

Mengapa iPhone 7 yang "Membosankan" Lebih Laku dari iPhone 6s?

iPhone 7 mungkin tidak akan member ikan satu rekor penjualan baru untuk Apple, tetapi yang jelas produk yang satu ini laku keras. Menurut sebuah laporan awal dari Localytics, penjualan akhir pekan peluncuran iPhone 7 mungkin sudah mendekati penjualan peluncuran Apple 6s yang mendobrak rekor itu.

Meskipun untuk mendukung kabar itu, Apple belum pernah merilis angka-angka penjualan untuk model-model yang dikeluarkannya tahun ini.  

Perusahaan marketing yang sama menganalisis data untuk dua pekan pertama setelah peluncuran iPhone 7, dan temuan-temuannya sangat menarik. iPhone 7 yang ‘membosankan’ itu ternyata lebih laku dibandingkan iPhone 6s selama dua pekan pertama penjualannya.  

Gabungan pangsa pasar iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dari total seluruh iPhones yang dilacak Localytics mencapai 3,6% setelah dua pekan penjualan. Pangsa iPhone 7 sebesar 2.7%, naik dari 1% setelah akhir pekan pertama. iPhone 7 Plus tumbuh dari 0.2% menjadi 0.9%.

Secara komparatif, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus menyumbang 4% pangsa pasar iPhone di tahun 2014. Setelah dua pekan penjualan, iPhone 6s dan iPhone 6s Plus hanya mampu mencapai 2,6%.

Perlu diingat bahwa itu hanya persentase-persentase, dan pasar iPhone tidak  sama dari tahun ke tahun. Localytics tidak menawarkan angka yang pasti dan memang tidak bisa karena hanya Apple yang tahu berapa persisnya iPhones yang digunakan, dan berapa banyak di antaranya adalah model-model iPhone 7 yang baru itu.

Toh angka-angka itu tampaknya mengindikasikan bahwa Apple bisa mengharapkan penjualan iPhone 7 yang solid tahun ini. Dan meskipun angka-angka itu tidak mungkin tidak akan menciptakan rekor kuartalan baru, Apple masih tetap bisa melihat adanya pertumbuhan penjualan iPhone berkat seri iPhone 7.  

Localytics juga menganalisis trend adopsi iOS untuk periode yang sama dan menemukan bahwa iOS 10 memiliki 40% pangsa setelah dua pekan, dibandingkan dengan 36% untuk iOS 8 dan 47% untuk iOS 9 tingkat adopsi  dalam jangka waktu yang sama setelah masing-masing dirilis.•••

back to top