Menu

Menyorot Buruknya Daya Tahan Baterei iPhone 7

Menyorot Buruknya Daya Tahan Baterei iPhone 7

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus baru saja dirilis dua mingguan yang lalu, tetapi dua minggu sudah lebih dari cukup bagi pengguna untuk merasakan kelebihan dan kekurangan pada ponsel-ponsel ini. Dan ternyata, kedua ponsel Apple itu memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan kekurangan.

Saat ini iPhone-iPhone terbaru dari Apple ini adalah smartphone-smartphone paling digdaya di planet ini, dan sudah ditingkatkan di hampir segala hal jika dibandingkan dengan model-model iPhone yang muncul tahun lalu. Tetapi ada satu bidang kunci di mana model-model iPhone terbaru ini bukan pemimpin di kelasnya, dan sayangnya bidang itu adalah bidang yang sangat ingin ditingkatkan oleh Apple: daya tahan baterei.   

Sebuah tes yang belum lama ini dilakukan oleh Which?, sebuah perusahaan penguji gajet yang berbasis di Inggris, membenarkan apa yang sudah diketahui oleh para penggila Apple—tetapi selalu mereka coba abaikan—iPhone 7 memiliki daya tahan baterei yang buruk.  

Di atas panggung Apple mengklaim bahwa iPhone 7 barunya yang berukuran 4.7 inchi menawarkan hingga daya tahan baterei hingga dua jam lebih panjang jika dibandingkan dengan iPhone 6s yang dirilis tahun lalu, dan konon sejumlah pengujian sudah membuktikan adanya peningkatan di bidang ini. Tetapi bahkan dengan perbaikan dibandingkan dengan iPhone tahun lalu sekalipun, iPhone 7 tetap jauh ketinggalan dibandingkan handset-handset pesaingnya dalam hal kinerja baterei.  

Which? Melakukan tes-tes yang membandingkan iPhone 7 dengan ponsel-ponsel flagship  terbaru dari tiga pesaing utama Apple, dan hasilnya tidak bagus. Pengujian ini dilakukan untuk menentukan seberapa lama persisnya baterei setiap ponsel yang diuji itu mampu bertahan selagi melakukan panggilan-panggilan suara dan saat berselancar di web, keduanya menggunakan 3G. iPhone 7 selalu berada di posisi tertinggal pada kedua tes itu. Tes web browsing setidaknya mendekati hasil tes handset-handset lainnya, tetapi pada uji panggilan suara hasilnya benar-benar memalukan, di mana handset Apple hanya bertahan kurang dari setengah daya tahan ponsel-ponsel lainnya.  

Daya tahan baterei sangat penting bagi para pengguna smartphone dan saying sekali Apple jauh tertinggal dalam hal ini. Apple memang mengutamakan desain dan ketipisan ketimbang berusaha memperbaiki daya tahan batereinya. 

Tahun depan, Apple diharapka akan merilis iPhone-iPhone yang sudah sepenuhnya didesain ulang. Detil-detil seputar iPhone 8 sudah mulai beredar dan beberapa di antara fitur-fitur baru yang ditunggu terdengar fantastik.  Tetapi kita juga berharap 2017 akan menjadi tahun di mana Apple akhirnya mulai mengejar para pesaingnya dalam hal daya tahan baterei, karena solusi yang sekarang diberikan Apple untuk masalah ini adalah sebuah casing baterei yang mengerikan. Apa gunanya mendesain smartphone-smartphone yang tipis dan gaya kalau ujung-ujungnya  pengguna harus menghancurkan citra anggun dan gayanya itu dengan kotak baterei yang merusak penampilan?•••

back to top