Menu

Apple iPhone 7 Hadir tanpa Colokan Headphone?

Apple iPhone 7 Hadir tanpa Colokan Headphone?

Banyak orang mengeluh tentang keputusan Apple yang konon akan menggusur colokan headphone dari iPhone 7 bahkan sebelum ponsel itu sendiri diumumkan. Tak peduli bahwa keluhan itu akan terus berlanjut, kini sebuah inovasi baru dari Apple semakin menguatkan gagasan bahwa pengguna justru harus senang melihat hengkangnya colokan headphone 3,5mm itu. 

Teknologi baru yang ini memungkinkan Apple untuk menciptakan permukaan-permukaan layar display yang sensitive terhadap sentuhan dengan menggunakan teknologi Liquidmetal. Well, coba bayangkan segala hal yang pernah Anda dengar tentang iPhone masa depan. Mulai dari layar display melengkung tahun depan dan mungkin juga layar yang membalut seluruh tubuh ponsel di masa yang akan datang. iPhone masa depan juga tidak akan memiliki tombol fisik, yang fungsionlitasnya diambil alih oleh 3D Touch.

Artinya, Anda bisa jadi akan memiliki sebuah iPhone layar lebar tanpa bezel dengan sisi-sisi layar yang melengkung dan punggung yang ramah sentuhan. Menggusur colokan headphone tidak hanya membebaskan satu ruang di dalam ponsel untuk memuat lebih banyak komponen lain dan juga baterei yang lebih besar, tetapi juga mengurangi titik-titik yang memungkinkan masuknya air. Yang lebih penting, Apple bisa menambah ukuran layar tanpa membuat ponselnya menjadi lebih besar. 

Hany soal waktu hingg pengisian baterei pada iPhone tidak akan lagi menggunakan kabel, dan bila saat itu tiba, iPhone mungkin tidak akan memiliki port fisik sama sekali. Maka, jadilah kita memiliki sebuah iPhone yang sempurna. Tanpa tombol dan tanpa port, ponsel ini akan menampilkan desain yang mengagumkan. 

Teknologi baru yang patennya sudah didaftarkan itu pertama kali diketahui oleh Apple Insider, dan menawarkan salah satu kerangka pengembangan yang ingin Apple wujudkan. Apple menjelaskan bahwa teknologi ini bisa menjadi “satu bagian dari dari sistem pemindai sentuhan yang merasakan satu atau lebih sentuhan pada atau di dekat layar display”. 

“Perwujudan yang sudah ada sekarang memungkinkan adanya aplikasi-aplikasi baru,” jelas Apple. “Karena sensor sentuhan hanya butuh sedikit daya, sangat menguntungkan untuk digunakan pada piranti yang dioperasikan dengan baterei atau aplikasi-aplikasi yang tidak makan banyak tenaga listrik seperti laptop, komputer-komputer portable, dan PDA”. Dan memang iPhone, iPad, dan Apple TV disebutkan di dalam paten itu.  Jadi, masuk akallah kalau komponen semacam itu digunakan pada iPhone yang seluruh permukannya mereka layar display dengan tombol-tombol.

Tetapi, seperti semua paten Apple lainnya, inovasi liquidmetal ini mungkin tidak bisa segera kita temukan terapannya dalam produk-produk komersial. Toh, ini tetap merupakan satu invensi yang kedengarannya bakal seru dan layak ditunggu.•••

back to top