Menu

Peneliti Kembangkan Kaca Cerdas yang Lebih Lentur dan Lebih Murah

Peneliti Kembangkan Kaca Cerdas yang Lebih Lentur dan Lebih Murah

Berkat kerja sebuah team peneliti di University of Texas, Austin's Cockrell School of Engineering, tabir angin mobil Anda kelak atau jendela-jendela apartemen, bisa memiliki satu cara yang efisien dan murah untuk mengendalikan warnanya secara elektronik, sambil tetap menghemat biaya pemanasan dan pendinginan yang harus Anda keluarkan.

Menurut sebuah rilis dari University of Texas, associate professor Delia Milliron dan teamnya yang terdiri dari pakar-pakar rekayasa kimia sudah menemukan “sebuah bahan jendela baru yang cerdas dan lentur” yang dapat mencerah atau meredup dengan bantuan sedikit tenaga listrik dan dapat dengan mudah diaplikasikan dengan proses baru yang rendah-suhu dan rendah-biaya. 

Proses aplikasi baru inilah yang membedakan materi temuan team ini dari panel-panel kristal cair yang sudah ada atau electrochromic windshields. Meski pada prinsipnya kedua cara kerja itu sama, materi baru ini adalah sebuah benda padat amorphous yang dibuat daria niobium oksida yang dikentalkan melalui sebuah proses kimia, yang memiliki struktur yang tidak lebih padat dibandingkan materi-materi serupa, menjadikannya lebih lentur dan dua kali lebih hemat energi. Tak seperti pelapis-pelapis tradisional yang perlu diaplikasikan ke permukaan kaca, materi Milliron ini dapat diaplikasikan ke permukaan plastik untuk menghemat biaya.

Kendati jendela-jendela cerdas dapat digunakan untuk menciptakan kaca berwarna atas dasar pesanan atau kacamata-kacamata berteknologi tinggi, Milliron yakin bahwa proses aplikasi baru ini juga dapat digunakan untuk menciptakan materi-materi amorphous seperti superkapasitor yang lebig efisien dalam waktu dekat.••• 

back to top