Menu

iOS 10 Bakal Membuat iPhone Berkapasitas 16GB Berjaya Lagi?

iOS 10 Bakal Membuat iPhone Berkapasitas 16GB Berjaya Lagi?

Apple mungkin akan membuang lini kapasitas penyimpanan memori 16GB dari iPhone 7 yang akan datang, tetapi ada banyak pengguna iPhone saat ini yang harus berurusan dengan memori terpasang 16GB semacam itu.

Banyak solusi untuk mengoptimalkan kapasitas penyimpanan pada piranti-piranti yang memiliki memori terbatas, termasuk memindahkan data ke penyimpanan cloud, membeli penyimpan eksternal seperti flash drive iPhone yang ciamik ini, dan mengelola aplikasi-aplikasi terinstal dengan lebih baik. Tetapi tampaknya Apple sudah siap untuk membantu pengguna untuk dengan optimasi pada iOS 10 berkat apa yang sepertinya merupakan sebuah fitur tersembunyi pada  sistem operasi yang baru saja diumumkan itu.   

Menurut Redditr yang sudah menginstal versi beta 1 iOS 10, iOS 10 menggratiskan ruang penyimpanan tambahan pada piranti-piranti. Apple tidak mengatakan apapun dalam pidato kuncinya di WWDC tentang seberapa besar iOS 10 nantinya, meskipun perusahaan itu memnag mengintrodusir peralatan optimasi penyimpanan musik baru yang dimaksudkan untuk membantu pengguna membebaskan ruang penyimpanan pada iPhone dan iPad.

iOS 8 disambut dengan banyak kritik pada 2014 ketika para penggunanya mendapati bahwa mereka tidak bisa melakukan upgrade karena tidak punya cukup ruang penyimpan data. Pada iOS 9, Apple melakukan sejumlah langkah untuk mencegah berulangnya masalah semacam itu di masa yang akan datang, salah satunya dengan mengurangi jejak penyimpanan secara siginifikan untuk sistem operasi ini. 

Pada iOS 10, Apple mungkin akan semakin mengoptimalkan pengelolaan ruang penyimpan data semacam itu. Seperti terlihat pada gambar di atas, seorang pengguna iOS yang menggunakan iPhone 6s Plus 128GB mendapat tambahan ruang sebesar 9GB setelah beralih ke iOS 10 beta pertama. Orang ini hanya perlu menghapus empat lagu setelah mengupgrade ke beta, dan hal lain tetap sama. Penyimpanan yang bisa diakses oleh pengguna ini berubah dari 113GB pada iOS 9.3.2 menjadi hampir 122GB pada iOS 10, atau sekitar 8% lonjakan kapasitas penyimpanan. Pada sebuah iPhone 16GB, yang memberi Anda 1GB ruang ekstra—diasumsikan bahwa iOS 10 akan membutuhkan lebih sedikit ruang penyimpanan dibandingkan pendahulunya. 

Jika Anda ingin mencobanya, Anda bisa menginstal iOS 10 beta 1 saat ini juga dengan mengakses akun pengembangnya.•••

back to top