Menu

TV Pengusir Nyamuk: Perangi Malaria dan Zika ala LG Electronics

TV Pengusir Nyamuk: Perangi Malaria dan Zika ala LG Electronics

Kantor berita Reuters memberitakan bahwa cabang India dari perusahaan Korea Selatan LG Electronics Inc sudah mulai menjual TV yang dilengkapi sebuah fitur yang konon mampu mengusir nyamuk.

Nyamuk yang notabene bisa menyebarkan penyakit-penyakit seperti malaria, Zika dan demam berdarah.

‘Teknologi Nyamuk-Jauh” ini menggunakan gelombang-gelombang ultrasonik yang tidak terdengar oleh manusia tetapi mampu mengusir nyamuk, jelas perusahaan itu. Teknologi ini dirilis di India Kamis (16/6), kata LG.

Teknologi yang sama, yang diakui efektif oleh sebuah lab independen di dekat Chennai, India, sudah digunakan oleh LG pada AC dan mesin cuci.

Teknologi yang tetap berfungsi meski TV dalam keadaan mati, tersedia dalam dua model, yang masing-masing dibanderol 26.500 rupee dan 47.500 rupee (USD394 dan USD706), dan ditargetkan untuk konsumen berpenghasilan rendah yang hidup dalam kondisi yang rentan terhadap nyamuk. 

Produk ini akan dijual di Filipina dan Sri Lanka mulai bulan depan, dan Kim Sang-yeol, seorang pejabat di LG Electronics, mengatakan belum ada rencana untuk memasarkannya di tempat-tempat lain. 

Perusahaan ini sudah mulai mengembangkan perangkat ini sebelum meledaknya kasus virus Zika di Amerika Latin, yang memicu kekhawatiran akan keamanan Olimpiade yang akan digelar bulan Agustus mendatang di Rio de Janeiro.

LG mengatakan di website-nya bahwa TV ini tidak dimaksudkan untuk mengganti piranti-piranti pencegah-nyamuk lainnya.•••

back to top