Menu

Menginstal iOS 10 beta di iPhone atau iPad Tanpa Akun Pengembang?

Menginstal iOS 10 beta di iPhone atau iPad Tanpa Akun Pengembang?

Apple mengumumkan iOS 10, sebuah update software besar-besaran untuk iPhone, iPad dan iPod sentuh yang akan dirilis pada musim gugur ini ketika iPhone 7 dirilis.

Tetapi, kemungkinan jutaan pengembang iOS sudah menginstal iOS 10 beta yang pertama yang disediakan segera setelah pidato konci Apple di WWDC berakhir.  Tentu saja Anda tidak perlu menjadi  pengembang untuk bisa menggunakan iOS 10 saat ini juga. Para pengguna yang tidak memiliki akses ke akun pengembang  dan tidak mau menunggu hingga Juli untuk bisa mendapatkan versi beta public pertama iOS 10, dapat mengunduh dan mengintal iOS 10 sekarang juga simak lebih cermat yang berikut ini. 

Selama bertahun-tahun, orang-orang yang pertama mengadopsi iOS mendapat akses ke versi-versi beta untuk pengembang. Alur legalnya termasuk membayar fee tahunan sebesar USD99 untuk program pengembang Apple atau mendapat akses ke akun teman. Sejak 2015, Apple meluncurkan sebuah program beta public untuk iOS, yang merupakan cara yang direkomendasikan untuk mendapatkan update-update beta iOS yang secara khusus dirilis ke public sehari setelah para pengembang mendapatkannya. Tetapi ketika sebuah versi iOS yang sama sekali baru diumumkan di WWDC, orang harus menunggu hingga stabil sebelum Apple merilis satu beta publik.

Cara yang lebih keren bisa juga dilakukan dengan mengambil keuntungan dari cacat-cacat tertentu pada proses update iOS Apple, yang barangkali merupakan metode yang lebih disukai setelah pengumuman oleh Apple di WWDC.

Kanal YouTube iCrackUriDevice adalah salah satu sumber web yang menawarkan informasi terus menerus tentang bagaimana menembus batasan-batasan Apple dan menjalankan versi-versi beta pengembang tanpa perlu mengakses akun pengembang, dank anal ini sudah mendapatkan cara untuk menginstal beta pertama iOS 10 pada piranti apapun yang terdukung. 

Sayangnya—atau untungnya, bergantung pada perspektif Anda—Apple sudah menutup celah yang sebelumnya ada yang memungkinkan proses ini. Mungkin itu yang terbaik karena celah itu hadir dengan sejumlah peringatan dan efek samping yang menyebalkan. 

Metode baru ini masih menuai banyak kritik, tetapi tidak melibatkan trik apapun. Bahkan, Anda tidak membutuhkan sebuah komputer untuk melakukan instalasi. Yang harus Anda lakukan hanyalah menggunakan sebuah mesin pencari untuk menemukan satu link yang tersedia untuk umum untuk bisa mengakses profil pengembang, menginstal profil itu lagsung ke iPhone atau iPad Anda, lalu menginstal iOS 10 beta 1 seperti Anda menginstal update iOS biasa. Dapat Anda pastikan Anda bisa pindah dengan begitu mudahnya ke beta iOS 10 berikutnya kelak begitu dirilis beberapa pekan ke depan. 

Proses ini sangat mudah dan cepat. Tetapi sekali lagi harus diingat bahwa ini tidak disarankan, mengingat Anda akan menginstal software yang seharusnya Anda tidak boleh akses. Langkah ini bahkan bisa mencegah Anda dari menerima layanan di Apple Store, dan ini juga satu langkah cerdik yang sangat bisa jadi akan Apple bunuh kelak. So, nikmatilah selagi bisa.•••

back to top