Menu

Dua Piranti Baru BlackBerry Gunakan Android?

Dua Piranti Baru BlackBerry Gunakan Android?

Para penggila Blackberry pada umumnya mungkin senang sekali dengan cara Blackberry Priv berbasis-Android itu membantu perusahaan yang dulu pernah berjaya ini kembali ke dunia perponselan.

Tetapi bagi yang fanatik dengan OS BlackBerry 10 yang dikembangkan sendiri oleh Blackberry, mungkin perasaan mereka campuraduk. Mungkin mereka kecewa setelah CEO John Chen mengumumkan bahwa perusahaan itu akan memiliki sebuah piranti baru (yang belum disebutkan namanya) dan sebuah smartphone baru tahun ini, yang keduanya akan menggunakan Android, alih-alih BB10.  

Chen memang belum mengatakan semuanya, sehingga kenyataannya bisa saja berbeda nantinya.  Dan itu baru dua dari sekitar 5 piranti Android yang akan diproduksinya sepanjang tahun 2016. Artinya, sejauh ini berita ini hanya menambah rumor yang sudah beredar, juga spekulasi dan barangkali harapan, bahwa BlackBerry akhirnya akan total menggunakan Android. 

Sebelumnya, cukup lama BlackBerry mengandalkan pada platform-platform mobile yang dikembangkannya sendiri dan digunakannya pada piranti-piranti produksinya sendiri. BlackBerry 10 (BB10) berbasis QNX, OS berbasis Unix yang dikembangkan oleh anak perusahaannya sendiri. Sebelum berbagai aplikasi bermunculan dan menyebar luas dengan cepat, memiliki segala yang diciptakan dan dikembangkan sendiri mungkin baik. Tetapi, lama kelamaan pengguna akan merasa terasing dan sendirian ketika semakin banyak aplikasi berbasis Android, iOS dan bahkan Windows Phone muncul, tetapi tidak dengan BB10. 

Solusi band-aid Blackberry  adalah menambahkan satu tingkat dukungan untuk menginstal dan menjalankan aplikasi-aplikasi Android pada BB10. Bagi sebagian pengguna, itu kompromi yang layak diterima. Tetapi bagi lainnya, dan tampaknya juga bagi Blackberry sendiri,  itu tak cukup untuk mengembalikan perusahaan itu ke masa-masa jayanya dulu. Beralih sepenuhnya ke Android mungkin bisa.••• 

back to top