Menu

Inikah Alasan Samsung Enggan Produksi Chip A10 untuk iPhone 7?

Inikah Alasan Samsung Enggan Produksi Chip A10 untuk iPhone 7?

Rencananya, iPhone 7 akan menggunakan chip A10 yang akan bekerja lebih cepat dan lebih hemat energi dibandingkan pendahulunya.

Sepertinya juga akan sangat menguntungkan bagi pemasok manapun yang bisa memenangkan kontrak untuk memproduksi chip baru ini, meski Samsung tak tampak di dalam deretan ini.  

Meski Apple masih jauh dari mengumumkan seri-seri iPhone generasi terbarunya kelak, sudah banyak laporan bermunculan menggambarkan sikap Samsung dalam kaitannya dengan kesepakatn untuk memasok sparepart iPhone. Disebut-sebut bahwa perusahaan ini kalah tender dari TSMC dalam bisnis A10—tahun lalu perusahaan Taiwan ini memenangkan semua (enam) tender iPhone 6, tetapi pada tahun ini TSMC dan Samsung berbagi pesanan chip A9 dari Apple. 

Alasan Apple bergandengan dengan TSMC tampaknya tak ada hubungannya dengan fakta bahwa Samsung adalah musuh Apple di bisnis mobile, melainkan lebih karena kemajuan-kemajuan TSMC dalam teknologi chip InFO yang memungkinkan Apple menciptakan piranti-piranti yang lebih tipis dan ramping.  

Menurut Barrons, UBS termasuk analis yang menduga bahwa Samsung memang kalah tender dalam soal pasokan A10. Kemajuan Samsung Electro-Mechanics dengan kamera ganda dan Samsung Pay memang cukup mengesankan, tetapi penghasilan yang didapatnya dari situ tidak mampu menutup kerugian yang dialaminya karena kalah dalam perebutan order Apple untuk chip A10 iPhone 7.

UBS juga percaya bahwa TSMC sangat berpeluang untuk mencaplok 100% pangsa pasar prosesor A (A10) baru milik Apple pada 2016, dan akan menggunakan teknologi Integrated Fan-Out (InFO)-nya untuk pengemasan, yang diharapkan dapat mendongkrak kinerja Apple dengan factor-faktor bentuk yang lebih kecil.•••

back to top