Menu

Ide Baru Apple untuk iPhone yang Lebih Tahan Gempuran Air

Ide Baru Apple untuk iPhone yang Lebih Tahan Gempuran Air

iPhone 7 akan hadir tahan air, menurut sejumlah laporan yang belum terkonfirmasi kebenarannya.

Meski Apple tidak akan mau berkomentar soal rumor ini, tindakan-tindakan perusahaan itu mengindikasikan bahwa pihaknya memang sedang mengerjakan iPhone yang tahan terhadap gempuran air untuk diluncurkan kelak. iPhone 6s sudah lebih tahan terhadap air dibandingkan dengan semua pendahulunya, meski tidak sepenuhnya waterproof.

Selain itu, Apple memiliki beberapa paten yang menggambarkan cara-cara untuk melindungi bagian-bagian internal pirantinya dari kontak dengan air, termasuk cara-cara untuk menggusur cairan dari port-port dan bukaan-bukaan lainnya, serat metode-metode untuk mengunci secara otomatis  semua potensi jalan masuknya air saat ponsel sedang tidak digunakan. Yang paling baru, Apple sedang mendalami teknologi self-healing bagi port-port yang bisa membuat iPhone benar-benar waterproof. 

Seperti dikutip Business Insider, sebuah aplikasi paten baru yang dinamai Electronic Device with Hidden Connector merinci teknologi yang akan secara otomatis mengunci sebuah bukaan pada ponsel, seperti port USB dan port headphone.

Pengguna masih tetap bisa menggunakan port-port itu dengan cara memasukkan konektor-konektor USB dan headphonenya ke sarangnya masing-masing, tetapi sebuah elastomer yang terpasang bisa melar dan menutup jalan masuk itu saat konektor dicabut (lihat gambar di atas). Dengan demikian bukaan yang bersangkutan akan tetap terlindung dari kerusakan akibat tak sengaja kemasukan air, karena cairan tidak akan punya jalan untuk masuk ke dalam piranti—dengan asumsi bahwa air tidak masuk sebelum elastomernya selesai melakukan proses self-healing.

Belum bisa dipastikan apakah penemuan ini akan digunakan di iPhone 7 atau di model-model yang akan datang. Bisa jadi kelak Apple akan menggunakan kombinasi dari teknologi-teknologi yang mencegah kerusakan akibat kemasukan air pada piranti-piranti iOS., apalagi kalau perusahan itu memang berniat memproduksi produk-produk tahan air.•••

back to top