Menu

iOS 9 Kini Hadir di 66% Piranti-piranti Mobile Apple

iOS 9 Kini Hadir di 66% Piranti-piranti Mobile Apple

Pertengahan bulan lalu Apple mengupdate data yang menunjukkan besarnya tingkat adopsi iOS 9 yang kini diakuinya sudah mencapai angka 66 persen.

Dengan kata lain, versi terbaru sistem operasi buatan perusahaan ini kini sudah ada di dua pertiga dari seluruh piranti terdukung yang beredar. 

Andil iOS 9 (termasuk iOS 9.1) hanya butuh waktu kurang dari dua bulan untuk mencapai angka dua pertiga itu, jauh lebih cepatd ari iOS 8 yang hanya mencapai 1 persen dalam waktu kurang dari satu bulan sejak diluncurkan.  

Angka-angka terbaru ini berasal dari penggunaan App Store milik Apple, yang disajikan di laman dukungan khusus para pengembang. Apple mengupdate angka-angka ini secara teratur untuk memberi ide kepada para pengembang aplikasi dan game tentang fitur-fitur mana yang bisa mereka produksi dan untuk digunakan oleh berapa banyak pengguna.  

Capaian iOS 9 yang begitu cepat berimplikasi bahwa iOS 8 kini hanya diadopsi oleh seperempat dari semua piranti yang beredar. Dalam waktu 48 hari setelah dirilis, iOS 9 berhasil membukukan 14 persen pioin, sedangkan iOS 8 turun 16 point. 

Apple menyatakan bahwa iOS 9 adalah iOS dengan tingkat adopsi tercepat, dengan lebih dari 50 persen piranti sudah menggunakannya saat ini. Karena tingkat adopsi iOS 8 jauh lebih lambat dibandingkan iOS 7 dan iOS 6, maka tak heran jika Apple berusaha keras menggenjot capaian iOS 9, terlepas dari rentannya iOS ini terhadap bug, kurang imprsifnya fitur-fiturnya, dan begitu besarnya ruang yang dibutuhkan untuk update (update online memakan 5GB memori di piranti Anda).  

Apple berusaha memangkas ukuran update iOS 9 hingga sekitar 1.3GB saja, tetapi itu pun kurang dari sepertiga ukuran yang dibutuhkan untuk mengupdate ke iOS 8 yang butuh waktu enam bulan untuk mencapai 75 persen adopsi. iOS 9 bisa jadi akan bisa mengungguli angka itu juga nantinya.  

Akibatnya, kalangan pengembangpun akan lebih suka menggunakan fitur-fitur khas iOS 9. Pada gilirannya hal ini akan mendorong pengguna untuk mengupgrade ke iOS 9 untuk bisa mendapatkan aplikasi-aplikasi baru dan fitur-fitur baru pada aplikasi-aplikasi yang sudah ada.•••

back to top