Menu

Update Android Marshmallow Hadir untuk Ponsel Murah Lebih Dulu?

Update Android Marshmallow Hadir untuk Ponsel Murah Lebih Dulu?

Sebagian piranti Android One akan menerima update Android 6.0 Marshmallow di India, Indonesia, Myanmar, dan Nepal.

Jika Anda memiliki salah satu dari beberapa smartphone Android suntikan carrier di tangan Anda saat ini dan Anda sedang menunggu update ke Marshmallow, mungkin Anda akan tertarik untuk mengetahui bahwa tidak hanya piranti-piranti Nexus saja yang akan mendapatkan software mereka sebelum Anda mendapatkannya. Ini artinya Google menepati janjinya untuk melakukan update tepat waktu pada semua piranti, tidak hanya pada yang terbesar dan terbaik saja.  

Ini bukan kali pertama Google menghadirkan update untuk piranti-piranti Android One setelah deretan Nexus. Pada bulan Februari lalu Android Lollipop hadir untuk piranti-piranti Android One sebelum kehadirannya untuk piranti-piranti yang jauh lebih mahal (berbasis carrier) di AS. Begitu juga yang terjadi sekarang.  

Piranti-piranti Android One memiliki modif-modif software yang berbeda dari modif-modif yang dilakukan terhadap banyak piranti lainnya di AS. Jika Anda membeli sebuah piranti Samsung di AS, misalnya, Anda tidak hanya memiliki Android sebagaimana yang dibuat oleh Google, melainkan interpretasi Samsung sendiri atas software tersebut dengan modif-modif yang mereka lakukan sendiri untuk memenuhi kebutuhan mereka, juga kebutuhan Anda.  

Hal yang sama berlaku pada HTC, LG, Sony, dan banyak lainnya. Itu hanya satu dari deretan update software Google yang masih akan dijalani oleh Android. Ada sejumlah modif yang dilakukan oleh carrier saat sebuah piranti dijual melalui provider nirkabel tertentu. Aplikasi-aplikasi ditambahkan, software pun disuntikkan. Update Android Google perlu disesuaikan dulu dengan software pabrik pembuat hardware, lalu dengan software carrier, baru kemudian bisa dihadirkan ke tangan Anda.  Dan ini tidak berlaku untuk Android One.•••

back to top