Menu

Umur Baterei iPhone 6s Berbeda-beda?

Umur Baterei iPhone 6s Berbeda-beda?

Beberapa hari yang lalu, terungkap bahwa chip A9 pada iPhone 6s baru besutan Apple diproduksi oleh dua perusahan yang berbeda, yaitu Samsung dan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC).

Belakangan mulai beredar juga laporan-laporan yang bahwa daya tahan baterei pada piranti Abad kesembilan belas yang diproduksi Samsung jauh lebih buruk dibandingkan pada iPhone-iPhone buatan TSMC. Sejumlah test membuktikan bahwa chip-chip TSMC bertahan hingga dua jam lebih lama dibandingkan iPhone-iPhone yang memiliki silicon Samsung di dalamnya. Apple sudah mengeluarkan tanggapan resmi yang menganggap perbedaan itu hanya soal selisih poin yang tak ada artinya.  

Tanggapan itu antara lain menyebutkan bahwa pengujian di lab luar yang menggeber prosesor dengan beban kerja berat hingga baterei habis tidak merepresentasikan penggunaan harian yang normal, dan bahwa berapapun kapasitas, dan apapun model dan warna  iPhone 6s dan 6s Plus yang diluncurkan ke pasaran dijamin sudah memenuhi standar kualitas yang tinggi yang Apple tetapkan. Apple juga menyatakan bahwa perbedaan antara kedua chip itu hanya berkisar 2-3 persen saja.

Bagi sebagian orang perbedaan yang dianggap kecil oleh Apple ini cukup berarti. Tetapi, perusahaan itu tetap berkeyakinan bahwa siapapun yang membuat chip A9 untuk iPhone 6s-nya pasti mendapat baterei dengan daya tahan yang sesuai dengan yang Apple janjikan—dan jika tidak, raksasa itu akan dengan mudah memilih untuk mengganti saja iPhone Anda dengan yang baru.

back to top