Menu

Desainer Nextbit Isyaratkan ‘Ponsel Cloud’ Android Baru yang Misterius

Desainer Nextbit Isyaratkan ‘Ponsel Cloud’ Android Baru yang Misterius

Biasanya ketika sebuah pabrikan ponsel debutan baru lahir, kita akan merasa kasihan atas kehadirannya di ladang bisnis yang luarbiasa kompetitif itu. Tetapi Nextbit berhasil mengundang minat di kalangan media dan penggila piranti mobil dengan ponsel yang akan diciptakannya, yang disebutnya “masa depan Android”.

Tidak ada yang tau akan seperti apa piranti yang dijadwalkan diumumkan pada 1 September besok. Kita bahkan tidak tahu apakah bentuknya benar-benar sebuah ponsel. Bisa jadi piranti itu sejenis wearable, atau potongan-potongan komponen.  

Yang menarik adalah bahwa Nextbit didirikan oleh dua orang lelaki— CEO Tom Moss dan CTO Mike Chan — yang pernah bekerja di Google pada team Android. Chan pernah beberapa bulan bekerja di Apple. Pimpinan bidang produknya sendiri, Scott Croyle, pernah bekerja di HTC. Jadi kita boleh berasumsi bahwa mereka tahu benar apa yang akan mereka lakukan dan mereka punya visi. Setidaknya sudah terbukti bahwa ide mereka cukup bagus untuk menarik USD 18 juta dana dari Google Ventures dan Accel Partners. Dan di saat tidak ada informasi yang pasti, orang-orang ini melemparkan sejumlah isyarat tentang akan hadirnya produk itu dengan melemparkan jargon-jargon di Twitter, seperti “A new way of making phone calls”, “The future calling” dan “A phone that learns as you use it”. 

Nextbit sendiri diluncurkan pada 2012 dan dimulai dengan menciptakan sebuah software penyelaras yang disebut Baton. Software itu otomatis memback-up  dan menyelaraskan aplikasi-aplikasi dan data ke cloud, dan membuat file-file atau aplikasi yang bersangkutan tersedia pada piranti-piranti lainnya yang sudah terdaftar. Jadi penggunanya dapat terus bekerja dengan satu piranti sesuatu yang sudah dimulainya dengan piranti yang lain.  

Piranti ini sendiri nyaris bisa dipastikan akan berbasis Baton, menggunakan penyimpanan di cloud, serta belajar dari, memanggil, dan mengolah pesan-pesan data. Belum ada yang tahu akan seperti apa bentuknya, tetapi orang boleh berharap bahwa ini akan menjadi sesuatu yang baru dan berguna.••• 

back to top