Menu

Mengapa Semua Pemilik iPhone Lama Bakal Menyukai iOS 9?

Mengapa Semua Pemilik iPhone Lama Bakal Menyukai iOS 9?

Masih beberapa pekan lagi sebelum Apple mengumumkan masa depan sistem-sistem operasinya, iOS dan OS X, sudah bocor sejumlah detil tentang rilis-rilis yang akan datang.

Salah satu fitur paling menarik dalam bocoran itu adalah tentang iOS 9, karena tampaknya Apple sedang bekerja untuk membuatnya beroperasi lebih halus dan lancar pada iPhone-iPhone dan iPad-iPad lama.  

Piranti-piranti tertua yang dapat dioperasikan dengan iOS 8 adalah iPhone 4 dan iPad 2, meski banyak orang yang memilikinya mengeluhkan sejumlah masalah kinerja dan daya tahan baterei yang mempengaruhi piranti mereka sejal mereka menginstal iOS 8. Sebagian berhasil kembali ke iOS 7 pada musim gugur lalu, tetapi kebanyakan mentok di kinerja piranti mereka yang menjadi semakin lamban. Menanggapi keluhan-keluhan ini, Apple bergerak serius untuk mengatasinya dengan menyiapkan fitur-fitur pada iOS 9 dan OS X 10.11, yang dimaksudkan untuk “lebih fokus pada kualitas, alih-alih sekedar menawarkan fitur-fitur tambahan baru kepada para penggunanya”. 

Uniknya, Apple masih ingin mendukung piranti-piranti tahun 2011, yang akan menerima rilis iOS yang sama sekali baru lebih dari empat tahun setelah piranti-piranti itu dirilis. Artinya, semua iPhone 4, iPad 2, dan generasi pertama iPad mini akan bisa menggunakan sistem operasi terbaru Apple dan menawari penggunanya pengalaman yang lebih baik ketimbang yang diberikan oleh iOS 8.

Apple melakukan restrukturisasi pada proses rekayasa softwarenya untuk mendukung hardware lama dengan iOS 9, bukan dengan mengembangkan rilis iOS 9 khusus untuk iPhone dan iPad lama lalu menggusur fitur-fitur yang tak bagus dalam pengujian, melainkan dengan mengerjakan satu versi iOS 9 inti yang akan bekerja dengan baik pada piranti-piranti A5 sebelum memungkinkan fitur-fitur lain dengan pendekatan “one-by-one”. Ini juga berarti bahwa iPhone dan iPad yang lebih baru akan bisa bekerja dengan iOS 9 dengan lebih efisien.••• 

back to top