Menu

Intel Compute Stick: Menjadi PC Terkecil di Dunia

Intel Compute Stick: Menjadi PC Terkecil di Dunia

Ini adalah CPU komputer yang kurang lebih seukuran dengan USB drive. Maka ketika dicolokan dengan monitor, menjelmalah sebuah desktop PC utuh. Setidaknya itulah fungsi mendasar dari perangkat yang dinamai dengan Compute Stick.

Perangkat ini baru memulai debutnya untuk mendapatkan lebih banyak kegunaan. Selain sekedar keunggulan ukurannya yang ultra-portable, daya yang minimalis, dan kebutuhan ruang yang tidak seberapa, serta kemudahan penggunaan.

Compute Stick tidak akan terlihat sangat berguna untuk sebuah jaringan besar perangkat komputer pada maskapai penerbangan, misalnya. Namun coba jajagi jika perangkat ini memuat bahan presentasi, atau ganti perangkat komputer perkatoran yang ada sekarang dengan perangkat ini (setidaknya untuk menghemat listrik), atau coba gunakan pada komputer lain, tanpa perlu mengakses datanya atau sebaliknya.

Lebih dekat dengan Compute Stick seperti mengungkap upaya miniaturisasi pada sebuah perangkat dan kemasan. Mungkin akan ada sedikit perbedaan pada produk akhir yang bakal luncur di pasaran, mengingat yang terdiskripsi dibawah ini merupakan produk pra-produksi/prototype.

Bahan dari plastik hitam, dengan tanda logo "Intel Inside", beratnya hanya 1,9 ons dengan ukuran 0,4 x 1,5 x 4,5 inci. Perangkat ini dihubungkan ke monitor melalui konektor HDMI dan didukung melalui port micro-USB. Adaptor AC, tetapi juga dapat menggunakan sumber daya USB 10 watt atau lebih.

Compute Stick juga dilengkapi dengan slot kartu micro-SD yang dapat menambahkan kapasitas penyimpanan tambahan hingga 128 GB. Ada tombol on/off dan LED berwarna biru saat Compute Stick aktif.

Compute Stick beroperasi menggunakan 802.11n Wi-Fi (perhatikan Compute Stick beroperasi hanya di band 2.4GHz). Ini juga menggunakan Bluetooth 4.0, sehingga Anda dapat menghubungkan perangkat seperti keyboard dan mouse. (Anda adalah pilihan lain untuk menghubungkan Stick ke hub USB, yang juga akan memungkinkan Anda untuk menggunakan koneksi Ethernet melalui konverter USB-to-LAN.)

Sistem ini didasarkan pada quad-core Atom prosesor Intel Z3735F, yang telah digunakan sebagian besar untuk tablet, memiliki 2MB cache prosesor dan kecepatan dasar 1.3GHz; menggunakan TurboBoost Intel, kecepatan meningkat setara dengan 1.8GHz.

Prosesor menggerus daya sebesar 2,2 watt saja. Meskipun begitu, Compute Stick membutuhkan kipas kecil (dengan suara agak berisik), namun berfungsi untuk mencegah dari kelebihan panas saat Compute Stick dipegang.

Konfigurasi Stick meliputi 2GB 1.3GHz single-channel DDR3L RAM dan 32GB eMMC penyimpanan flash; terpasang 23 GB. Memiliki mesin Intel HD Graphics dengan 64MB memori video yang berdedikasi; mesin grafis dapat memanfaatkan 979MB RAM sistem, menyediakan lebih dari 1GB memori video yang tersedia. Akibatnya, Stick lakukan dengan sangat baik untuk gambar dan video beresolusi tinggi.•••

back to top