Menu

3 Langkah untuk Legakan Ruang Memori di iPhone Anda

3 Langkah untuk Legakan Ruang Memori di iPhone Anda

Bahkan dengan kapasitas memori internal sebesar 128GB pun akhirnya tablet atau ponsel Anda akan penuh juga.

Dengan semua film, musik, foto-foto, dan aplikasi-aplikasi yang Anda simpan di piranti mobile Anda, limit ituperlahan akan tercapai juga. Tetapi jangan khawatir, ada cara untuk keluar dari mimpi buruk itu.  

USA Today memaparkan 3 cara untuk membebaskan sejumlah ruang memori pada piranti apapun yang Anda miliki.  

Yang pertama dan utama tentu saja adalah menghapus sejumlah aplikasi yang tidak pernah Anda sentuh sama sekali. Di antara 50an aplikasi yang ada di rata-rata sebuah iPhone, misalnya, biasanya hanya 10-15 yang benar-benar terpakai dan sering digunakan. Sisanya lebih sering tak terpakai sama sekali, jadi sebaiknya dihapus saja.  

Kedua seperti yang USA Today juga merekomendasikan untuk menata koleksi foto dan video Anda. Dengan adanya layanan penyimpanan dokumen berbasis cloud saat ini, Anda tak lagi punya alasan untuk menimbun foto-foto di ponsel Anda. Ambil yang ingin Anda simpan, hapus yang tidak bagus, dan unggah yang terbaik ke Amazon, Azure, atau layanan cloud lainnya.  

Terakhir, Anda bisa mulai membiasakan diri untuk men-stream musik dan film alih-alih mengunduhnya langsung ke tablet atau ponsel Anda. Banyak layanan semacam itu, tak sedikit juga yang gratis, asalkan Anda mau berbagi ruang dan waktu dengan iklan-iklan.  Ikuti tiga langkah di atas, dan ponsel Anda akan selalu bebas dari beban yang tak perlu.•••

back to top