Menu

MacBook Retina 12 Inci Mengispirasi Rival-rivalnya

MacBook Retina 12 Inci Mengispirasi Rival-rivalnya

Belum lama ini Apple mengumumkan MacBook Retina 12 inchi besutannya. Tetapi, belum lagi barangnya tersedia di toko-toko, piranti yang satu ini sudah kuat pengaruhnya terhadap piranti-piranti pesaingnya.

Mereka sudah berancang-ancang untuk mengadopsi salah satu fitur utamanya, demikian menurut laporan Digitimes.

Menurut perusahaan Taiwan itu, lebih dari 10 perusahaan desain IC lokal saat ini sedang mengembangkan solusi-solusi chip USB-C yang akan terdapat di dalam berbagai jenis piranti cerdas, mulai dari laptop hingga ponsel cerdas, sekitar akhir tahun ini.  

Apple, yang diyakini sebagai pengembang utama di balik standar USB-C, memutuskan untuk mengganti semua port yang biasanya terdapat pada model-model MacBook Air dan Pro dengan sebuah konektor USB-C yang lebih multiguna yang diharapkan mampu menangani fungsi pengisian daya maupun transfer-transfer data.  
Sebagian orang mengkritik ide desain Apple. Tetapi cara yang ditawarkan oleh fitur-fitur USB-C, seperti waktu pengisian daya serta transfer data yang lebih cepat, masih sangat menggoda.  

Fakta bahwa Apple memutuskan untuk mengadopsi USB-C dipandang sebagai sebuah daya dorong di balik standar baru ini, di mana para pembuat piranti mobile dan notebook lainnya siap menggunakan teknologi tersebut di piranti-piranti yang akan dirilis pada paruh kedua tahun ini.

Menurut Digitimes, muncul permintaan “yang besar” akan port-port USB-C yang akan semakin mendongkrak harga solusi-solusi chip USB-C, di mana banyak sekali perusahaan-perusahaan lokal berebut mengambil keuntungan dari potensi arus pemasukan potensial baru ini.  

Sedikitnya ada dua piranti lain yang sudah menggunakan konektor USB-C, termasuk laptop Chromebook Pixel generasi kedua yang diumumkan sehari setelah Retina MacBook, dan tablet Nokia N1, yang diluncurkan di China awal tahun 2015 ini.•••

back to top