Menu

Wishbone, Termometer Pintar Yang Mempermudah Ukur Suhu Sang Bayi

Wishbone, Termometer Pintar Yang Mempermudah Ukur Suhu Sang Bayi

Wishbone adalah sebuah termometer pintar yang diciptakan oleh seorang ayah dan pemilik toko produk-produk bayi. Alat ini didesain untuk membuat proses mengukur suhu tubuh bayi menjadi lebih mudah.

Saat ini, Wishbone tengah berada dalam proyek pendanaan Kickstarter untuk mengumpulkan $20.000 yang diperlukannya.

Harry Hu dan Robin Gong dari Joywing Tech mengembangkan Wishbone karena termometer tradisional sangat sulit digunakan pada bayi yang sakit atau rewel. Orangtua biasanya harus memegangi anak mereka atau membangunkannya dari tidur siang dengan interval reguler untuk memastikan demam mereka tidak bertambah parah.

Termometer ini berbentuk Y dengan sudut 45 derajat dan didesain untuk bisa dipasang pada jack headphone ponsel Android atau iOS. Sensor inframerah ada di salah satu ujung sedangkan ujung lain berisikan sebuah baterai. Untuk menggunakannya, orangtua tinggal mengarahkan sensornya tiga hingga lima senti dari kepala sang anak dan menunggu dua detik hingga suhunya terdeteksi. Suhu itu lalu akan muncul di aplikasi pengiringnya. Hu mengklaim bahwa tingkat akurasi Wishbone setara dengan termometer kontak, yaitu pada rentang kurang lebih 0,2 derajat Celsius.

Para developer proyek yang berbasis di Cina  itu kini tengah  berusaha memperluas penggunaan termometer itu dengan menyertakan sebuah mode yang didesain untuk mengukur temperatur hewan peliharaan. Wishbone bahkan bisa digunakan untuk mengukur temperatur ruang atau pada benda seperti susu formula bayi. Aplikasi itu juga tengah dalam proses integrasi dengan iOS HealthKit. Perangkat itu bisa didapat dengan dukungan mulai dari $33 dan akan dikirim pada bulan April mendatang.•••

back to top