Menu

Mengapa Apple Tak Perlu Lagi Rilis iPad 16 GB

Mengapa Apple Tak Perlu Lagi Rilis iPad 16 GB

Awal bulan lalu, banyak orang mengkritik Apple karena merilis satu versi baru iPad Retina Mini yang secara harfiah sama persis dengan model tahun lalu kecuali untuk penambahan Touch ID dan harganya yang selangit.

Kini blogger Apple terkenal John Griber, dalam ulasan apiknya tentang iPad Air 2 yang baru, melontarkan satu kritik lagi tentang tablet-tablet terbaru dari perusahaan yang sama: Gruber menyatakan tidak ada lagi alasan bagi Apple untuk merilis iPad-iPad yang lebih besar bila kapasitas penyimpanan memorinya hanya 16GB.

“Apple seharusnya tidak lagi menjual iPad 16 GB,” tandasnya. “Level terendah untuk konsumen umum semestinya adalah 32 GB. Tidak ada cukup ruang yang bermanfaat pada sebuah piranti iOS 16 GB untuk melakukan hal-hal Apple berusaha keras untuk mempermudahnya. Video gerak lambat beresolusi tinggi? Foto-foto panorama? Game-game berkualitas konsol? Semua hal itu memakan banyak ruang di memori.”

Gruber lebih jauh menjelaskan bahwa dia memahami bahwa 16GB mungkin sudah cukup bagi banyak pengguna iPad dan bahwa secara ekonomi memori sebesar itu membantu margin perusahaan ketika perusahaan bisa dengan begitu mudah menarik konsumen dengan model-model iPad yang lebih mahal dengan menawarkan piranti-piranti dengan memori sebesar 64GB hanya seharga 100 dolar AS ketimbang model-model 16GB.

Mesk demikian, Gruber tidak yakin Apple memberikan nilai yang baik bagi konsumen dan menurutnya perusahaan itu seharusnya melihat masalah itu lebih sebagai soal branding jangka-panjang, bukan penghasilan jangka-pendek.  

“Apple bukanlah bisnis jangka-pendek,” tulisnya. “Apple adalah sebuah bisnis jangka-panjang, yang dibangun berdasarkan hubungan kepercayaan konsumen setia. iPad-iPad 16 GB bekerja berlawanan dengan landasan brand Apple, yaitu bahwa mereka hanya membuat produk-produk yang bagus”.•••

back to top