Menu

Nintendo: Game Online Pokémon Trading Card Hadir di iPad Tahun Ini

Nintendo: Game Online Pokémon Trading Card Hadir di iPad Tahun Ini

Anda tahu bahwa pernah Nintendo mengatakan bahwa pihaknya tidak akan membuat game-game untuk iOS? Ya, semua itu sudah berubah sekarang. Perusahaan itu sedang bekerja untuk memasukkan online game Pokémon Trading Card ke tablet Apple.

Game itu sudah harus ada di iPad sebelum akhir 2014. Hal ini merepresentasikan satu langkah besar bagi Nintendo, yang sebelumnya memfokuskan semua usaha produksi game-nya pada perangkat-keras Nintendo— meskipun sudah merilis aplikasi-aplikasi iOS sebelumnya (seperti Pokédex). Sangat mungkin bahwa potensi pendapatan untuk sesuatu seperti game kartu Pokémon di piranti mobile terlalu besar dan kuat bagi Nintendo untuk diabaikan begitu saja.

“Ya, kami dapat konfirmasikan adanya aplikasi iPad Online TGC Pokémon, dan game itu akan segera hadir menjelang akhir tahun ini,” seorang jurubicara The Pokémon Company, anak perusahaan Nintendo, menyatakan kepada GamesBeat.

Game Pokémon Trading Card diluncurkan untuk pertama kalinya di Jepang pada tahun 1996 bersama dengan versi video game dan acara televisinya. Seperti halnya produk-produk besutan Game Boy, kartu-kartu fisik juga menjadi bagian utama dari fenomena Pokémon di tahun 1990an. Seperti game-game video, popularitas game kartu ini juga berlanjut hingga saat ini. Sebelumnya Nintendo sudah merilis versi online game Trading Card ini untuk komputer-komputer Windows dan Mac.

Dengan membawa game kartu Pokémon ke iPad, Nintendo menyerahkannya kepada konsumen yang sama sekali baru sekaligus memberi basis penggemarnya yang sudah mapan itu cara yang mudah untuk bermain game secra digital. Jutaan orang memiliki iPads, dan piranti ini adalah salah satu mesin pemutar-game yang paling populer di dunia!  

Nintendo bisa juga memperkenalkan pembelian-pembelian in-game, seperti booster pack seharga beberapa dolar, yang dapat segera menghasilkan pemasukan besar. Penerbit Blizzard meraih banyak keberhasilan dengan Hearthstone puzzler gratis: Heroes of Warcraft untuk iPad dan PC, dan tak ada yang bisa menghentikan Nintendo dari melakukan hal-hal yang sama.  

Dengan sebuah konsol rumah Wii U yang diremehkan oleh banyak penggila game dan sebuah handheld  3DS yang tidak se-laku DS pendahulunya, Nintendo harus berjuang untuk menghasilkan lebih banyak uang. Perusahaan itu melaporkan kerugian sebesar 229 juta dolar AS pada tahun fiskalnya yang terakhir, dan masih dengan mudah bisa gagal untuk meraih profitabilitas lagi tahun ini jika beberapa game Wii U yang akan segera diluncurkanpun gagal menutupnya.  

Oleh karena situasi finansialnya inilah investor-investor Nintendo sudah sering mendorong penerbit game itu untuk beralih ke pasar ponsel pintar yang sangat menguntungkan. Konsumen menghabiskan 16 juta dolar AS hanya untuk game-game mobile tahun lalu, dan Jepang adalah pasar terbesar untuk aktifitas itu.  
Presiden Nintendo Satoru Iwata sudah sering menolak keras investor-investor yang meminta perusahaan itu membuat aplikasi-aplikasi. Awalnya dia memang mengakui bahwa pasarnya berpotensi menguntungkan, tetapi kemudian mengatakan bahwa bukan beberti itu adalah tempat terbaik untuk semua game Nintendo.

“Begitu luasnya penggunaan ponsel pintar bukan berarti akhir dari konsol-konsol game,” kata Iwata pada Januari lalu. “Tidak semudah itu, dan itu tidak berarti kita harus memasukkan Mario ke ponsel-ponsel pintar”.  

Meski game Super Mario Bros. di iOS tampaknya masih seperti sebuah ide gila gila, tapi itu kelihatan lebih mungkin sekarang.•••

back to top