Menu

Membuat Video Presentasi dengan Shadow Puppet

Membuat Video Presentasi dengan Shadow Puppet

Shadow Puppet adalah sebuah aplikasi yang membantu dalam pembuatan video presentasi dengan teks dan gambar, tetapi cukup sederhana dan menyenangkan bagi anak-anak.

Ada sejumlah aplikasi presentasi sederhana yang di App Store, diantaranya Adobe Voice. Tapi Shadow Puppet bahkan lebih mudah dari Adobe Voice dan dapat digunakan oleh siapa saja dalam pembuatan slide presentasi menggunakan foto atau video.

MEMBUAT PROYEK SENDIRI
Cara terbaik untuk mempelajari apa yang dapat dilakukan dengan Shadow Puppet adalah dengan menonton video demo singkat di layar awal (home screen). Video demo tersebut memperlihatkan contoh tentang cara menggunakan aplikasi Shadow Puppet untuk merekam perjalanan ke San Francisco, slideshow ulang tahun untuk teman, dan bahkan video anak-anak memamerkan hal-hal yang dibuatnya.

Semua ini dilakukan dengan memilih foto atau video, merekam suara dengan cara membalik slide, dan menambahkan musik latar belakang. Selain pilihan slideshow dasar, Pengguna juga dapat menambahkan teks dan menggambar pada layar secara real time saat merekam. Teks dapat ditambahkan pada setiap slide sebelum perekaman dimulai dan memilih jenis huruf walaupun sedikit serta menambahkan animasi sederhana seperti memperbesar teks atau membuat teks berputar ke dalam slide.

Pengguna juga dapat memilih warna dan perataan teks pada slide. Saat merekam presentasi, Pengguna dapat menyentuh ikon tongkat sihir di bagian bawah tampilan aplikasi untuk menampilkan beberapa alat gambar. Pengguna dapat mengganti warna berbeda untuk menambahkan efek dekoratif dengan cara menariknya (drag) dari layar, dan ada beberapa ikon walaupun masih ada yang terkunci. Untuk mendapatkan alat-alat tambahan, pengguna harus membelinya.

ALAT PRESENTASI UNTUK PENGGUNAAN PRIBADI
Dengan Shadow Puppet, Pengguna akan mendapatkan pengalaman yang lebih santai Adobe Voice atau aplikasi sejenisnya. Set perlengkapan alat yang cukup mudah digunakan bahkan anak-anakpun bisa membuat slideshow disertai suara hanya dalam beberapa langkah mudah. Dengan demikian, aplikasi ini tampaknya lebih mengarahkan dalam pembuatan slideshow yang ditujukan untuk teman dan keluarga, bukan untuk keperluan presentasi bisnis pada rapat.

BANYAK PILIHAN UNTUK BERBAGI
Ketika Pengguna selesai membuat slide presentasi, Pengguna memiliki beberapa pilihan untuk berbagi (share) seperti ke Facebook, Twitter, Pinterest, atau Instagram, menyimpan hasil karya ke perpustakaan, atau dikirim via email, iMessage, atau WhatsApp Messenger. Pengguna juga dapat membukanya dengan aplikasi lain seperti iMovie dan editor video lainnya.

BEBERAPA ISU
Menyusun presentasi menggunakan Shadow Puppet merupakan proses yang cukup mudah, tapi aplikasi memiliki beberapa masalah perlu diketahui. Jika Pengguna ingin menggunakan animasi teks sebagai transisi, akan dibutuhkan beberapa pengaturan sebelum dapat berjalan dengan lancar. Dengan standar ukuran huruf yang besar, animasi fade-in hanya tampak seperti teks berkedip beberapa kali. Bahkan, animasi zoom-in, spiral-in, atau animasi lainnya, juga menampakan teks berkedip saat tampil di layar. Baru kemudian setelah ukuran huruf dirubah, animasi transisi berjalan dengan dengan lancar. Ada juga elemen antarmuka yang cukup menjengkelkan.

Ketika memilih jenis dan warna huruf, atau perataan teks, Pengguna hanya dapat memilih maju ke seleksi berikutnya. Ini berarti jika pengguna tidak sengaja melewati pilihan yang diinginkan, Pengguna harus melalui semua plilihan untuk kembali ke pilihan yang diinginkan. Ini bukan masalah besar, tetapi harus ada cara untuk membuat proses ini lebih mudah.

KESIMPULAN
Shadow Puppet mungkin tidak dapat menggantikan PowerPoint atau Keynote untuk membuat presentasi profesional, tapi aplikasi gratis ini memiliki seperangkat alat sederhana yang bisa digunakan untuk membuat slideshow dengan cepat. Proses manual dengan membalik halaman saat pengguna ingin merekam suara sangat memudahkan, dan begitu mudahnya dapat digunakan untuk pembuatan slideshow apa saja.

Ketika menggunakan ukuran huruf standar (default), animasi transisi sedikit bermasalah. Sistem untuk memilih jenis huruf, perataan teks, dan warna teks juga perlu untuk perbaiki. Namun, dengan proses sederhana yang anak-anakpun akan mampu memahaminya walaupun set alat yang disediakan hanya cukup untuk membuat presentasi dengan tujuan bersenang-senang, membuat Shadow Puppet patut untuk dicoba.•••

back to top