Menu

Tidak Tembus di India, Facebook Tawarkan Layanan "Free Basics" di Amerika

Tidak Tembus di India, Facebook Tawarkan Layanan "Free Basics" di Amerika

Pada awalnya Facebook meluncurkan "Free Basics" sebagai cara untuk menghadirkan layanan-layanan internet dasar ke negara-negara  yang hanya memiliki konektivitas internet yang terbatas atau bahkan tidak ada sama sekali, tetapi kini tampaknya perusahaan itu sedang bekerjasama dengan White House untuk menghadirkan program itu di AS untuk pertama kalinya.

Menurut Washington Post, Facebook  sedang aktif menjajagi cara-cara yang mungkin dapat digunakannya untuk menghadirkan Free Basics bagi "orang-orang Amerika berpenghasilan rendah dan mereka yang tinggal di pedesaan” yang tidak mampu menjangkau internet broadband di rumah atau melalui smartphone. Tetapi keinginan untuk melakukan hal ini tanpa melibatkan peraturan setempatlah yang membuat Free Basics dilarang di India awal tahun ini.  

Pada dasarnya, Free Basics adalah sebuah skema zero-rating. Platform ini menawarkan layanan-layanan seperti berita lokal, ramalan cuaca, akses Wikipedia dann Facebook melalui ponsel Anda, juga situs-situs yang berada di bawah payungnya yang dapat diakses tanpa memakan kuota data Anda. Tetapi skema-skema zero-rating seperti Free Basics mengundang banyak perdeatan karena bertentangan dengan aturan-aturan netralitas internet—bahkan India menentang keras semua skema zero-rating, bukan hanya Free Basics.

Masalahnya adalah perusahaan-perusahaan kecil tidak akan mampu menawarkan hal-hal seperti yang ditawarkan raksasa-raksasa seperti Facebook, sehingga menempatkan mereka dalam  posisi rawan rugi. Dan, tanpa adanya tagihan data yang diberlakukan, semua orang pasti akan menggunakan Facebook. 

Jadi, Facebook sedang mencoba menyelesaikan masalah regulasi ini di AS sebelum, bukan sesudah, produk layanan itu diluncurkan. Perusahaan itu sedang mencoba meyakinkan penyedia-penyedia layanan seluler dan internet pedesaan yang lebih kecil untuk bergabung dengannya dan menyingkirkan tagihan data apapun yang mungkin ditimbulkan oleh pengguna Free Basics. Bersamaan dengan itu, Facebook juga sedang berusaha merayu pemerintah untuk memuluskan jalannya.  

Aspek yang bisa menghemat bagi Facebook adalah fakta bahwa perusahaan itu kini membiarkan organisasi atau layanan pihak-ketiga apapun berpartisipasi dalam Free Basics. Toh, skema-skema zero-rating dan netralitas internet pada umumnya sudah lama menjadi bahan kajian FCC, meski pihak regulator belum melakukan tindakan apapun terhadap skema-skema serupa yang dijalankan oleh Verizon dan T-Mobile sejauh ini.•••

back to top