Menu

Comcast Bakal Tawarkan Broadband 10 GB per Detik

Comcast Bakal Tawarkan Broadband 10 GB per Detik

Comcast berniat mengupgrade seluruh jaringan komunikasinya dengan teknologi baru yang akan membawa kecepatan koneksi 10 gigabit per detik ke seluruh wilayah cakupannya dalam waktu dua tahun ke depan.

Wakil Presiden Comcast untuk arsitektur jaringan Robert Howald menyatakan kepada FierceCable beberapa hari lalu bahwa kecepatan baru itu akan direalisasikan melalui sebuah upgrade jaringan ke teknologi DOCSIS 3.1, dan pihaknya berencana akan mulai menguji teknologi itu di pasar-pasar tentang pada tahun ini juga, seraya mengejar target penuhnya pada tahun 2016.

Tetapi, sebelum konsumen bisa menikmati kecepatan lebih dari 1 Gbps ini, mereka masih harus menggunakan modem baru. Bulan Mei lalu Comcast mengumumkan bahwa modem DOCSIS 3.1 baru akan diproduksi tahun ini dan akan diluncurkan pada awal tahun depan.  

Kecepatan tertinggi 10 Gbps, menurut Howald, sangat tergantung pada kondisi jaringan yang sempurna dan gear jaringan yang sudah diupgrade. Jadi, sepertinya konsumen tidak akan menikmati 10 Gbps bahkan dengan modem baru itu sekalipun, tetapi perubahan itu selalu layak ditunggu.••• 

back to top